Menggabungkan Tempat Lahir dan Tanggal Lahir Berbeda Cell ke Dalam Satu Cell

Menggabungkan Tempat Lahir dan Tanggal Lahir Berbeda Cell ke Dalam Satu Cell | Tips microsoft excel kali ini judulnya sangat panjang. Seperti biasa, jika saya menulis artikel seputar excel biasanya merupakan inspisari dari pekerjaan sendiri. Kebetulan ada tugas untuk mengisi aplikasi raport penilaian kurikulum 2013 yang mengharuskan mengisi tempat dan tanggal lahir siswa dalam satu cell. Padahal saya punya data siswa dengan format antara tanggal lahir dan tempat lahir dipisah dalam cell yang berbeda. Kalau saja, data saya tempat dan tanggal lahir sudah dalam format teks dalam satu cell tentu tinggal copas aja udah beres. Tapi ini lain kasusnya, maka harus sedikit melakukan trik-trik untuk memudahkan dan mempercepat pekerjaan saya.

Menggabungkan Tempat Lahir dan Tanggal Lahir Berbeda Cell ke Dalam Satu Cell adalah tips mircosoft excel untuk mempercepat pekerajaan saya tersebut. Setelah tempat lahir dan tanggal lahir menyatu dalam satu cell baru bisa di copas ke aplikasi raport kurikulum 2013.

Nah bagi anda yang memiliki kasus sama seperti saya, maka trik ini bisa langsung diperaktikkan untuk mempercepat pekerjaan anda. Daripada anda mengetik ulang data siswa satu persatu, lebih baik menafaatkan data yang sudah.

Tips Microsoft Excel Menggabungkan Tempat dan Tanggal Lahir Dalam Satu Cell
Agar lebih mudah dalam memahami apa yang sedang saya bahas kali ini, saya suguhkan dulu screen hoot berikut :


Dari gambar di atas dapat kita lihat ada data satu anak yang terdiri dari nama, tempat lahir, tangga lahir dan hasil penggabungan dan rumus yang digunakan. Prinsip dari pekerjaan ini adalah menggabungkan antara TEMPAT LAHIR (CELL C2) dan TANGGAL  LAHIR (CELL D2) ke dalam HASIL PENGGABUNGAN (CELL E2) dalam format text.

Untuk mengaabungkan dua cell sebenarnya bisa menggunakan formula sederhana yaitu :
=CELLC2&D2 (contoh sesuai data di atas)
Tapi jika hanya menggunakan formual tersebut maka hasilnya tidak akan sempurna, anda hanya akan mendapatkan data seperi ini CILACAP37793. Jelas bukan data seperti itu yang kita harapkan, karena data seperti itu tidak bisa difahami oleh mata manusia. Maka yang harus anda lakukan adalah menggabungkan CELL C2 dengan D2 yang sudah diubah dulu ke format text. Selain itu juga harus disisipi dengan tanda koma dan spasi. Untuk itu makan di Cell E2 maka harus diisi dengan rumus sebgai berikut :
=C2&","&" "&TEXT(D2;"DD MMMM YYYY")

dibaca : Cell C2 ditambah tanda koma, ditambah tanda spasi dan ditambah D2 yang sudah diubah menjadi format text.

Nah itulah tips microsoft excel Menggabungkan Tempat Lahir dan Tanggal Lahir Berbeda Cell ke Dalam Satu Cell mudah-mudah bisa membantu menyelesaikan pekerjaan anda dengan cepat.