Cara Merubah Suara Menjadi Teks atau Tulisan

Cara Merubah Suara Menjadi Teks atau Tulisan | Kecanggihan teknologi komputer semakin mempermudah manusia dalam menyelesaikan tugas-tugasnya. Kalau dulu mungkin komputer hanya sebatas mampu merekam data yang dinput melalui keyboard saja, tapi kini sepertinya cara kerja input data dengan keyboard akan sedikit berkurang. Hal ini dikarenakan sudah tersedia tool atau alat untuk merubah suara menjadi teks atau tulisan.

Dalam postingan 2011 silam saya membahas tentang software pengubah teks menjasi suara dan artikel tersebut menjadi bagian penting dalam menyumbang traffic blog ini. Itu artinya artikel tersebut banyak dicari oleh orang lain karena ingin mengambil manfaat dari konten artikel tersebut. 

Nah sekarang saya memposting kebalikan dari artikel tersebut, yaitu merubah suara menjadi teks atau tulisan. Tentu dengan harapan apabila cara ini suskes di jalankan, akan membantu meringankan beban kerja jari jemari anda yang harus mengetik banyak tugas di atas keyboard komputer. Maka dengan menggunakan cara ini, kini yang bekerja adalah mulut anda dengan media microphone yang tersambung ke komputer. Selanjutnya biarkan komputer yang akan menerjemahkan suara anda menjadi sebuh tulisan.

Untuk bisa merubah suara menjadi teks atau tulisan bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu online dan ofline.

Mengubah Suara Mejadi Teks Secara Online

Kalau anda mau menelusuri internet maka anda akan menemukan banyak tool online perubah suara menjadi teks. Tapi kali ini saya akan merekomendasikan satu tool saja untuk anda. Yaitu https://dictation.io , silakan anda langsung aja meluncur ke alamat tersebut dan lakukan uji coba. Tapi yang harus anda perhatikan, karena ini online maka pastikan internet anda memiliki kecepatan yang mumpuni dan stabil.

Keunggulan dari tool ini adalah mendukung bahasa Indonesia. Jadi, ketika anda berbicara bahasa Indonesia tool online tidak akan mengalami kesulitan dalam menterjemahkan suara anda menjadi tulisan.

Mengubah Suara Menjadi Teks Dengan Software Bawaan Windows 7

Windows 7 juga sudah menyediakan tool untuk merubah suara menjadi teks atau tulisan. Tool ini bisa dan temukan di All Program => Acessories => Ease of Access =>Windows Speech Recognition

Tapi apakah tool dari windows 7 ini sudah mendukung Bahasa Indonesia? Entahlah, saya sendiri belum mencobanya. Silakan anda coba aja sendiri. Hehehe......