Panduan Lengkap Cara Instal Windows 10 Dengan Dual Boot

Panduan Lengkap Cara Instal Windows 10 Dengan Dual Boot | Windows 10 adalah sistem operasi terbaru Microsoft yang mana versi Technical Preview sudah bisa didownload secara resmi dari microsoft. Kalau anda masih bingung bagaimana cara download windows 10 preview, silakan anda baca Panduan Download Windows 10 Preview. Namun, versi Technical Preview ini kemungkinan masih mengandung banyak bug. Jadi, sebaiknya Anda tidak menghapus sistem operasi Anda yang lama ketika menggunakan Windows 10.

Tapi kalau anda ingin menginstal windows 10 untuk mencicipi dan mengintip keunggulan apa saja yang diusungnya, anda bisa mengintal dengan dual-boot. Meski cara ini cukup aman, Anda dianjurkan untuk melakukan backup data terlebih dahulu.

Panduan Menginstal Windows 10 Dengan Duan Boot

Sebagai syarat utama agar bisa menginstal windows 10 dengan dual boot maka komputer harus memiliki lebih dari 1 partisi hardisk. Maka kalau komputer anda baru hanya memiliki satu partisi sajamaka silakan bagi dulu hardisk anda menjadi dua partisi atau lebih kalau memungkinkan. Kalau belum bisa bagaimana cara melakukan partisi dan saat ini anda menggunakan sistem operasi windows 7 silakan baca artikel saya Cara Mempartisi Hardisk Pada Windows 7 Tanpa Software Tambahan.

Microsoft mengatakan bahwa Windows 10 memiliki system requirement yang sama seperti Windows 8. Versi 64-bit dari Windows 8.1 sendiri membutuhkan ruang kosong setidaknya 20 GB.




Setelah ruang untuk Windows 10 sudah tersedia, kini Anda dapat meng-install Windows 10.

File installer Windows 10 yang berformat .iso dapat Anda masukkan ke DVD atau ke USB Flash Disk. Untuk memasukkannya, silakan anda baca Agar Bisa Instal Windows 10 Dari Flahsdisk.


Memulai Instal Windows 10

Setelah installer Windows 10 sudah tersedia pada DVD atau USB Flash Disk, restart PC/notebook Anda, lalu arahkan flash disk atau DVD tersebut pada menu booting.





Arahkan instalasi Windows 10 ke partisi yang sudah dipersiapkan sebelumnya.

Klik Apply

Klik Next

Tunggu proses instalasi sampai dengan selesai. Proses intalasi ini tidak berbeda dengan cara instal windows versi-versi sebelumnya seprti windows 7 dan windows 8.

Setelah proses instalasi selesai, maka ketika komputer atau laptop anda melakukan booting akan menyuguhkan dua piliah sistem operasi yaitu windows 10 da windows 7 (atau widows yang sebelumnya ada pada komputer atau laptop). Anda dapat memilih salah satu dari sistem operasi yang tersedian dengan cara megekliknya.

 
 
Nah demikian panduan lengkap cara instal windows 10 dengan dual boot, cara ini menjamin keamanana sistem operasi windows 7 atau 8 anda dari gangguan dan bisa mencicipi windows 10 dengan bebas.