Panduan Cara Memperbaiki Komputer Yang Rusak Atau Error

Panduan Cara Memperbaiki Komputer Yang Rusak Atau Error | Panduan cara memperbaki komputer rusak, komputer error, komputer hang, komputer hidup tapi tidak atampilan dan berbagai macam masalah komputer lainnya banyak dibutuhkan oleh para penggna internet. Ini menunjukkan bahwa tingkat pengguna komputer dari tahu ke tahun terus mengalam peningkatan. Yang menariknya lagi, melihat perkembangan jasa usaha servis komputer di kota saya juga semakin mendapat banyak pasien. Ini menunjukkan bahawa sedikit sekali dari para pengguna komputer yang menguasai bagaimana cara memperbaiki komputer rusak atau error
Maka bagi anda yang membaca artikel ini saya anjurkan untuk menguasai ilmu cara memperbaiki komputer rusak, komputer mati total, komputer hang dan error. Karena ilmu ini sangat besar manfaatnya, selain anda bisa memperbaiki komputer anda sendiri anda juga bisa memperbaiki komputer orang lain yang mengalami kerusakan. Artinya anda bisa menghemat biaya servis komputer anda sendiri bahkan bisa menghasilkan penghasilan tambahan dari keahlian yang anda miliki.
Cara Memperbaiki Komputer yang Rusak sebanrnya sangat mudah, misal komputer yang mati tiba-tiba, selalu merestart lagi ketika di hidupkan, bunyi yang menandakan ada yang rusak atau salah pasang biasa nya di RAM. Agar anda bisa memperbaiki kerusakan komputer sendiri maka anda membutuhkan kesabaran, ketelitian, keyakinan kalo pasti bisa. langsung saja kepembahasan kita cara memperbaiki komputer yang rusak atau eror.
1. Cara MengataasKomputer Tidak Mau Hidup cara mengatasi nya :
  A. Memeriksa semua aliran listrik yang tersambung ke PC anda.
  • Periksa semua jaringan listrik. Apakah kabel power suply sudah terpasang dengan baik.?
  • Jika Anda menggunakan UPS (Uniterruptable Power Supply) dan stabilizer AVR (Automated Voltage Regulator), pastikan semua dalam posisi ON dan dapat berfungsi dengan baik.
  • Jika hal tersebut bukan penyebabnya, kemungkinan berikutnya adalahpada  PC Anda. Sekarang lakukan pemeriksaan pada PC.
B. Pengecekan komponen PC.
  • Pastikan kabel power yang terpasang ke soket power pada mainboard terpasang dengan baik. Coba Anda tekan-tekan konektor power yang terpasang ke soket power suply.
  • Jika tidak mau hidup juga, pastikan semua kabel yang terhubung ke tombol power pada casing telah terpasang dengan benar pada konektor pinnya di motherboard
  • Pastikan power supply memang dalam keadaan hidup, dengn melakukn pengetesan pada CPU lain.
  • Jika ternyata power supply dalam keadaan baik (melalui pengetesan) dan semua kabel sudah benar, berarti yang perlu diperiksa adalah motherboard dan prosesor. Coba pasangkan prosesor Anda pada CPU lain yang sejenis dengan CPU Anda. Perhatikan, apakah CPU dapat dihidupkan? Jika CPU tersebut dapat hidup, berarti kerusakan hanya pada motherboard. Namun, jika memang tidak dapat hidup, berarti prosesor mengalami kerusakan.
  • Biasanya hal seperti ini, diakibatkan oleh kerusakan pada komponen pada motherboard, yang bersangkutan dengan catu daya. Untuk permasalahan ini sebaiknya serahkan pada teknisi yang sudah ahli.

  2. Cara Mengatasi Komputer Mau Hidup Tetapi Tidak Mau Booting:


Kenali Terlebih dahulu Bunyi Beep ( suara yang keluar dari komputer ) :


  • Beep 1 kali saja : Tanda bahwa kondisi komputer baik.
  • Beep 1 kali panjang : Terdapat problem di memory.
  • Beep 1 kali panjang dan 3 kali pendek : Kerusakan di VGA card.
  • Beep 1 kali panjang dan 2 kali pendek : Kerusakan di DRAM parity.
  • Beep / bunyi terus menerus : Kerusakan dimodul memory atau memory video.
3. Komputer Mau Booting Tetapi Selalu Safe Mode ( F8 ) cara mengatasi nya :
  • restart kembali komputer anda.
  • jika masih trouble intall ulang windows anda.
  • jika masih safe mode juga, berarti HD anda bermasalah.
  • cek dengan : scan disk.

4. Komputer Sering Hang.


A. Komputer Hang karena CPU kepanasan (overheating)
  • Buka heatsing dan kipas processor secara hati - hati.
  • Bersihkan sirip-sirip pendingin dan fan processor dari debu, kalau fan macet beri minyak pelumas sedikit pada bagian poros kalau perlu ganti fan dengan yang baru.
  • Bersihkan thermal paste yang sudah kering yang menempel pada processor dan heatsink, ganti dan oleskan thermal paste yang baru.
  • Masukan lagi processor, heatsink serta fan kedalam dudukannya secara hati-hati.
  • Perhatikan posisi heatsink (logam pendingin) dan kipas Processor, pastikan kondisi Heatsing sudah terpasang secara benar terutama untuk tipe Heatsing untuk Processor socket LGA, perhatikan kondisi tiap-tiap sekrup yang terpasang.

B. Komputer hang karena masalah pada hardisk.
  • Kapasitas Hardisk Low Space.
  • Untuk mengatasinya kita jalankan dulu Disk CleanUp untuk membersihkan hardisk dari file-file temporary atau file sampah. Cara menjalankan Disk Cleanup :  klik start – run -ketik : cleanmgr
  • Data pada Hardisk terpragmentasi sehingga perlu di defrag.
  • Hardisk Bad Sector. Badsector mengakibatkan hardisk tidak berjalan secara normal dan pembacaan data menjadi tidak sempurna. Hal ini mengakibatkan sistem menjadi sibuk dalam membaca data dan akhrinya hang.

C. Komputer hang karena VGA Card rusak.
VGA yang rusak atau juga bisa terjadi overheat pada VGA juga bisa mengakibatkan hang. Kerusakan pada VGA juga bisa mengakibatkan gambar yang tampil pada monitor menjadi bergaris bahkan menjadi kotak-kotak tidak jelas.
 
D. Komputer hang karena masalah Memori.
Madala pada memori atau RAM adalah hal yang paling sering saya alami yang mengakibatkan komputer menjadi hang bahkan tiba-tiba restar denagn sendirinya dan ketika booting maka akan terjadi bunyi bip yang menandakan terjadi masalah pada memori.

E. Komputer hang karena adanya Virus komputer.
Virus pada komputer juga memiliki peranan penting dalam membuat komputer menjadi rusak, error dan hang. Hal ini karena virus akan memakan sebagiab space hardisk dan menjalankan aplikasi yang dibawanya. Akhirnya sistem akan menjadi berat dan mogok.

G. Komputer hang karena driver yang tidak cocok.
Driver yang tidak cocok juga bisa mengakibatkan komputer menjadi hang bahkan gagal masuk ke windows. Yang paling sering terjadi adalah kesalah pada driver VGA dan Soun Card. Maka pastikan anda menginstal driver yang cocok dengan hadrware yang terpasang ketika sedang menginstal komputer.

Miliki Koleksi Ebook Panduan Teknisi Komputer Lengkap di bawah ini :
cara memperbaiki komputer rusak
ebook cara memperbaiki komputer rusak

Panduan Cara Memperbaiki Komputer Yang Rusak Atau Error ini sangatlah singkat dan alakadarna saja. Karena kalau dibahas secata tuntas saya yakin satu halaman blog tidak akan mampu untuk menguraikannya. Tapi anda tidak perlu khawatir karena sudah saya siapkan ebook panduan teknisi komputer yang sangat lengkap dan detaik dengan gambar berkualiats tinggi untuk memandu anda menjadi seorang ahli teknis komputer. Silakan anda dapatkan ebook panduan teknisi komputer ini DI SINI.