Waspada!!! Bahaya Membawa Gadgeet ke Tempat Tidur



Waspada!!! Bahaya Membawa Gadgeet ke Tempat Tidur | Kecanduan gadget seperti smart phone, tablet atau perangkat elektronik lainnya sudah membuat sebagian orang berlebihan dalam menggunakan gadget. Bahkan sampai-sampai gadget dibawa ke tempat tidur. Ini sangat bahaya.

Berdasarkan hasil studi yang telah konsisten dilakukan menyimpulkan bahwa penggunaan gadget berlebih akan merusak waktu istirahat. Penggunaan gadget sebelum tidur akan membuat penggunanya semakin sulit tidur.

Yayasan kesehatan BMJ Open asal Norwegia adalah salatu satu badan yang sudah merilis hasil survei terhadap 9.846 remaja berusia 16-19 tahun selama dua tahun terakhir. Hasilnya dari survei tersebut adalah rata-rata remaja menggunakan minimal dua jenis gadget atau perangkat elekronik satu jam sebelum mereka tidur.

Perangkat elektronik yang memiliki layar memancarkan cahaya, secara signifikan mempengaruhi SOL (sleep onset latency) atau lama waktu untuk merasa mengantuk dan tertidur. Hal ini jelas akan mempengaruhi kualitas istirahat anda.

Sama seperti beberapa studi sebelumnya, BMJ Open juga menyatakan bahwa gelombang cahaya panjang-pendek (short-wavelength) yang dihasilkan layar gadget mampu mengganggu ritme 'sirkadian' sehingga tubuh sulit menentukan waktu tidur, dan juga menekan produksi hormon 'melatonin' yang berfungsi sebagai penghasil rasa kantuk.

Selain menimbulkan masalah kurang istirahat atau tidura yang tidak berkualitas, masalah lain yang timbul akibat membawa gadget ke tempat tdiru adalah bisa mempengaruhi kesehatan tulang punggung dan leher pengguna. Hal ini umumnya memicu efek samping sakit kepala di pagi hari.

Kesimpulannya adalah, membawa gadge ke tempat tidur sangat membahayakan untuk kesehatan. Apalagi jika itu dilakukan secara rutin setiap anda akan tidur. Lebih baik, matikan semua gadget dan simpan pada tempat yang jauh dari tempat tidur. Karena gelombang elekto yang ditimbulkan oleh gadget juga bisa mempengaruhi kesehatan anda pada saat tidur.