4 Tips Sederhana Agar Printer Awet dan Hasil Cetaka Selalu Bagus

4 Tips Sederhana Agar Printer Awet dan Hasil Cetaka Selalu Bagus - Merawat printer memang tidak semudah kelihatannya. Banyak sekali masalah yang selalu menghampiri pengguna printer, mulai dari tinta tidak keluar, tinta banjir, hasil cetakan putus-putus, kertas tidak mau masuk, kertas nyangkuta dan masih banyak lagi probelm printer. Tentunya anda tidak ingin printer yang anda gunakan selalu rusak atau bermasalah. Untuk itu perlu cara perawatan yang tepat dan konsisten.

Cara merawat printer agar awet dan hasil cetakan selalu bagus ini bisa dibilang efektif, asal anda melakukannya secara konsisten atau rutin. Paling tidak dengan menerapkan tips sederhana ini anda tidak perlu bolak balik ke tukang servis untuk menyelesaikan masalah printer yang sebenarnya tidak terlalu sulit untuk diatasi.

Berikut 4 Tips Sederhana Merawat Printer

Tips Merawat Printer Agar Awet

1. Jangan Biarkan Printer Nganggur Dalam Waktu Lama

Masalah terbesar dari printer inkjet adalah masalah pada cartridge. Perangkat printer yang satu ini tergolong perangkat yang super rewel, jika telalu sering digunakan akan rusak dan jika dibiarkan tidak digunakan dalam jangka waktu lama juga bisa rusak. Apabila printer telalu lama tidak digunakan akan mengakibatkan tinta yang ada dalam cartridge akan mengkristal dan menyumbat lubang tinta sehingga tinta sudah keluar dari cartridge. Akibatnya ketika printer digunkan tidak akan bisa mengeluarkan tinta.


2. Jangan Mencetak Terlalu Banyak Secara Sekaligus

Nah, seperti sudah saya kemukakan di awal, bahwa printer inkjet tidak bisa dibiarkan terlalu lama dan juga tidak bisa diporsir. Contoh mencetak dalam satu kali waktu hingga ratusan lembar, ini akan membuat roll pada printer dan cartridge bekerja ekstra keras sehingga tidak hanya merusak cartridge tapi juga bisa merusak komponen lainnya. Apalagi kalau anda mencetak dengan kertas tebal, misal kertas cover atau kertas foto. Untuk itu sangat dianjurkan tidak mencetak dokumen terlalu banyak dan jangan terlalu sering mencetak menggunakan kertas tebal.

3. Lakukan Cleaning Seperlunya Saja, Jangan Terlalu Sering

Cleaning sendiri adalah fitur yang disediakan oleh vendor printer untuk mengatasi masalah kualitas pencetakan. Misal hasil cetakan bergaris, putus-putus, berbayang atau lainnya yang mengindikasikan hasil cetakan tidak sempurna maka pengguna bisa melakukan cleaning para printernya. Cleaning sendiri terdari dari dua macam yaitu cleaning biasa dan deep cleaning. 

Disarankan agar anda melakukan cleanign seperlunya saja dan usahakan menggnakan cleaning biasa. Kecuali dengan cleaning biasa tidak bisa memyelesaikan masalah anda bisa menggunakan deep cleaning, itupun jangan terlalu sering. Jika terlalu sering melakukan cleaning bukan hasil cetakan membaik yang didapat, tapi justru sebaliknya biasanya malah tinta tidak keluar sama sekali. Jika ini terjadi biasanya cartridge sudah rusak dan harus diganti.


4. Lakukan Perawatan Sederhana Berikut Ini
Silakan anda buat bulatan atau apapun pada microsoft word dengan fill 4 warna sesuai dengan warna yang ada printer. Kemudian cetak bulatan tersebut dengan menggnakan standar hight (tinggi). Lakukan tips ini secara berkala, misal 1 kali dalam seminggu. Dengan melakukan tips ini maka cartirdge akan selalu mengeluarkan tinta secara normal dengan kualitas bagus.