Mendeteksi Kerusakan Hardware Lewat Bunyi Beep

Suatu ketika mungkin kita pernah atau suatu saat nanti akan dipusingkan dengan PC yang bermasalah. Masalah PC/ Komputer memang beragam dari masalah software sampai hardware. Kalau yang terjadi trouble pada software mungkin hal ini bisa mudah dengan diatasi. Karena saat ini banyak sekali softwara-software yang berfungsi sebagai tool PC. Atau kita bisa juga menggunakan Tool System Restore System yang sudah dibundel dengan Microsoft Windows.

Namun lain halnya apabila yang terjadi trouble pada hardware, kita dituntut untuk mengerti bagaimana bongkar pasang hareware dan cara mendeteksi kerusakan hardware. Sebenarnya secara sederhana komputer juga sudah menyediakan alarm yang berfungsi memberitahukan kerusakan hardware pada kita. Yaitu melalui bunyi Beep. Tentu saja hal ini bisa dilakukan apabila pada Motherboard komputer terpasang speaker. Speaker ini bentuknya kecil dan biasanya sudah tersedia saat kita membeli motherboar/ atau sudah terpasang saat kita membeli komputer. Tapi ini kembali pada saat pemasangan, terutama untuk komputer rakitan. Masalahnya terkadang seorang teknisi lupa memasang speaker ini.

Apabila sepeaker sudah terpasang secara benar maka dia akan memberikan bunyi beep sebagai peringatan kerusakan hardware. Berikut ini saya sajikan beberapa pertanda yang dapat kita baca dari bunyi beep tersebut :

Beep 1 x pendek : tidak ada masalah
Beep 1 x panjang : gangguan pada harddisk
Beep 1 x panjang 1 x pendek : gangguan pada motherboard
Beep 1 x panjang dan 2 kali pendek : gangguan pada VGA
Beep 3 x panjang : gangguan pada keyboard
Beep pendek terus menerus : gangguan pada power supply
Beep panjang terus menerus : gangguan pada Memory

Itu tadi informasi yang bisa saya sampaikan. Semoga bisa bermanfaat.

Ebook Teknisi Komputer Best Seller

belajar komputer

Mendeteksi Kerusakan Hardware Lewat Bunyi Beep

Terkait Mendeteksi Kerusakan Hardware Lewat Bunyi Beep



11 Komentar:

menurutku itu cara yang efisien untuk mndeteksi kerusakan pada komputer,gak usah bongkar2 cassing sudah tahu kerusakanya.walaupun begitu,tetap saja perbaikanya (ganti komponen)harus bongkar cassing dulu:)

nice infonya,makasih....

Yoi betul sekali, kalau mau ganti komponen emang harus bongkar casing, tapi dengan sudah terdeteksi kerusakannya kita sudah tahu apa tujuan membongkar casing yang tentunya bukan untuk ngawut-ngawut jeroan komputer kan?

memang metode ini sangat mujarab untuk mendeteksi kerusakan pada komputer.saya sering menggunakan metode untuk memdeteksi kerusakan,terutama pada memory dan VGA.

PAS LAGI JALAN TERUS
TIBA2 MATI KOM
APANYA TUH YANG RUSAK???

@|GARUT|BLOGGER|
Suhu processornya gemana mas, kemungkinan suhu processor melebihi batas

tapi klo tidak ada bunyi.....gmn tuch?

tapi klo tidak ada bunyi.....gmn tuch?

@Anonim
Kalau tidak ada bunyi kemungkinan speaker indikator tidak terpasang, solusinya ya dicoba bongkar pasang hardware satu persatu

mas.laptop saya toshiba L-310 satellite,problem laptop saya, kalo dihidupkan layarnya sering muncul layar hitam, terus kalo ditunggu muncul tulisan "operating system not found!".saat open program pun agak lama mas.kira2 apa ya problemnya,maaf sebelumnya mas.terimakasih banyak.

@Anonim
Kalau melihat dari indikasinya, ada beberapa kemungkinan 1. system operasi error (solusi instal ulang)
2. Hardisk sudah tidak stabil atau rusak (ganti hardisk atau coba format ulang)

Poskan Komentar

Lebih indah tanpa pornografi dan lebih bijak tanpa SPAM.