Sistem Keamanan Windows 7 Untuk Mengenkripsi Data

Sistem Keamanan Windows 7 Untuk Mengenkripsi Data | Sistem keamanan pada windows 7 memang lebih unggul dibandingkan dengan sistem operasi dari microsoft sebelumnya. Beberapa sistem keamanan windows 7 adalah Windows Security Center; Problem, Reports, and Solutions;Windows Defender; Windows Update; DiagnosticS; Network Access Protection; Backup and Restore; Recovery; User Account Control, Windows Filtering Platform (WFP) dan Bitlocker drive encryption.

Yang akan kita bahas sekarang adalah sistem kemanan yang terakhir saya sebutkan, yaitu Bitlocker Drive Encryption. Fitur ini berfungsi untuk mengenkripsi data pada hardisk atau flashdisk pada komputer kita. Lalu bagaiman cara menggunakannya?

Tentu kita tidak menginginkan kehilangan data pada komputer kita tanpa sepengetahuan kita dan tanpa tahu sebabnya. Nah sekarang mari kita mengaktifkan fitur bitlocker drive encryp, agar data-data kita selalu aman.

Cara Mengamankan Data dengan Fitur Bitlocker Drive Encryption
Pertama buka windows explorer, kemudian  klik kanan pada drive yang ingin di engcrypsi. Setelah itu akan muncul 3 opsti yang harus kita pilih salah satu.

Jika anda ingin menggunakan password maka pilih "Use A password to unlock The drive", jika perangkat anda menggunakan smard card, maka sobat blogger pilih "Use my smard card unlock the drive" dan apabiala sobat blogger ingin otomatis drive sobat terunlock otomatis, maka pilih "otomatically unlock this drive on this computer"

Untuk kali ini mari kita mencoba memilih opsi yang pertama " Use A password to unlock the drive" setelah itu silahkan ketikkan password 2 kali (type your password dan retype your password). Kemudian klik Next.

Akan dialog box yang menawarkan 3 pilihan:
1.      Save the recovery key to a USB flash drive, (menyimpan password pada falshdisk)
2.      Save the recovery key to a  file (menyimpan password pada hardisk dengan nama file)
3.      Print the recovery key  (mencetak password)
Mari kita coba pilihan kedua yaitu Save the recovery key to a  file untuk menyimpan password yang sudah sobat blogger tadi masukkan.

Setelah itu akan keluar kotak dialog untuk menyimpan file, simpanlah pada tempat yang aman dan pastikan mudah untuk diingat, silahkan klik tombol "yes"

Setelah itu layar akan kembali ke layar menu semula, selanjutnya sobat klik "Next". setelah itu akan keluar peringatan yang intinya bahwa proses encrypsi akan memakan waktu lebih lama tergantung kapasitas drive yang akan sobat encrypsi. Pada bagian ini silahkan sobat blogger klik "Start Encrypting"

Proses encripsi data dimulai, ini akan memakan waktu yang cukup lama. Silakan anda ambil kopi/ teh dan cemilan agar tidak bosan menuggu sampai selesai. Apabila sudah complet maka akan keluar konfirmasi bahwa proses enkripsi sudah selesai “Encryption of D is complet” (“D” adalah drive yang dienkripsi/ tergantug drive mana yang anda enkripsi). Klik “Close” dan restart komputer anda.

Itulah sistem keamanan windows 7 untuk mengenkripsi data yang bisa kita gunakan yaitu Fitur Bitlocker Drive Encryption. Semoga bisa bermanfaat dan bisa lebih meningkatkan keamanan data komputer anda.