Internet Belum Menyentuh Lembaga Pendidikan Secara Merata


Peradaban manusia kian maju, berbagai teknologi modern lahir setiap waktu. Hal ini telah menggeser perilaku manusia. Zaman dulu, ibu saya kalau mau menanak nasi harus repot-repot menyalakan tungku, sekarang istri saya kalau menanak nasi tinggal colokan ke listrik pencet tombol kemudian ditinggal tidur, nasipun matang dengan mudahnya.

Begitupun juga dengan teknologi lainnya, baru-baru ini kota majenang booming dengan teknologi internet. Sekitar tahun 2007-an internet masuk ke kota Majenang. Pertama kali ada warnet di Jl. Cempaka Mulyasari yaitu Warnet Samudera. Kemudian menyusul berdiri lebih banyak lagi warnet, sehingga sampai sekarang ada sekitar 8 Warnet di Kota Majenang. Untuk kota Majenang yang terbilang kota kecil, jumlah warnet tersebut cukup banyak.

Namun sayang perkembangan teknologi internet ini tidak banyak diikuti oleh lembaga-lembaga pendidikan yang ada di Kota Majenang. Setelah saya melakukan browsing dengan mbah google untuk mencari sekolah mana yang sudah memiliki alamat web/blog, ternyata baru sedikit sekolah yang memilikinya. Diantara sekolah yang memiliki alamat web adalah :
UNTUK TINGKAT SMA :
  1. SMK DIPONEGORO MAJENANG dengan alamat http://smkdipma.wordpress.com (baik)
  2. SMK Muhammadiyah Majenang http://smkmuma.co.cc (baik)
  3. Madrasah Aliyah Negeri Majenang http://manmajenang.sch.id (baik)
  4. Madrasah Aliyah El Bayan Majenang http://ma-el-bayan-majenang.blogspot.com
UNTUK TINGKAT SMP
  1. SMP Diponegoro Majenang http://smpdiponegoro.oiry-infocomtech.com/id  (baik)
  2. SMP Negeri 2 Majenang http://smpn2majenang.blogspot.com
  3. MTs. El Bayan Majenang http://mts-el-bayan-majenang.blogspot.com

UNTUK TINGKAT SD
  1. SD Negeri Jenang 06 dengan alamat http://jenang06.blogspot.com (baik)
  2. SD Negeri Jenang 04
Data di atas ada yang bertulis dalam kurung (baik), itu murni atas penilaian saya pribadi dengan memlihat dari segi tampilan dan banyaknya informasi/ artikel yang ditampilkan. Adapun yang tidak bertuliskan baik saya dengan kerendahan hati pada sekolah yang bersangkutan mohon maaf yang sebesar-besarnya, bukan maksud merendahkan kemampuan personilnya dalam mengelola web/ blog tapi mungkin karena berbagai macam keterbatasan yang dimiliki, terutama keterbatasan waktu dan akses atas internet.

Secara singkatnya masih sedikit sekali sekolah yang menggunakan teknologi internet untuk mempublikasikan informasi-informasi seputar pendidikan dan atau informasi seputar lembaga pendidikan secara internal. Meskipun ada sekolah yang mencoba membuat alamat web/ blog seperti yang telah tercantum di atas masih banyak yang belum dikelola secara profesional dengan menerbitkan informasi secara berkala. Ditinjau dari segi themplate pun masih menggunakan themplate standar. Mungkinkah hal ini dikarenakan lembaga pendidikan di Kota Mejanang belum merekrut tenaga ahli Teknologi Informasi? Atau mungkin sudah, tapi lebih mementingkan ijazah ketimbang skill???