Peluang Usaha Paling Menggiurkan


PENGHASILAN 3 JUTA PERBULAN, KERJA 10 – 30 MENIT PERHARI, TIDAK DIBUTUHKAN KEAHLIAN APAPUN, BEBAS RESIKO”

Mungkin rekan netter sering menemukan Head Line semacam itu pada web-web bisnis online. Septintas sangat menggiurkan, terutama bagi saya yang suka berangan-angan meraih keuntungan dengan cara yang mudah dan waktu yang singkat. Bayangkan saja, modal ringan, tidak dibutuhkan keahlian, waktu kerja fleksibel, profit segudang, siapa yang gak mau dengan tawaran semacam itu.

Tapi tidak kah kita berpikir logis, agar kita tidak terjebak pada pola pikir yang demikian. Logika pertama yang harus kita gunakan adalah “kesuksesan tidak datang dengan sendirinya, melainkan dengan usaha yang terus menerus diserta sabar dan doa”. Usaha apapun itu pasti kalau kita menginginkan sukses memerlukan usaha keras.

Headline semacam di atas adalah headline yang ditawarkan oleh usaha-usaha online yang sebenarnya adalah usaha dengan sistem multi level marketing (MLM). Yang harus kita ketahui secara mendasar dari bisnis MLM adalah, kita tidak akan mendapatkan apa-apa apabila kita tidak mendapatkan downline. Karena sumber penghasilan bisnis online adalah downline itu sendiri.

Bisnis MLM adalah bisnis kinerja, siapa yang memiliki kinerja bagus, artinya bisa merekrut downline sebanyak-banyaknya, maka dia akan menjadi raja dalam bisnis MLM. Tapi bagi mereka yang tidak memiliki keahlian melobi downline, ya… selamat bermimpi aja menjadi orang kaya dengan cara mudah.

Itu adalah prinsip dasar dari sebuah bisnis MLM. Kemudian berkembang bisnis MLM yang beroperasi secara online. Bahkan bisnis MLM online ini kian menjamur. Hal ini tentu karena ditunjang dengan mudah dan murah membuat website bisnis online. Script bisnis online dijual dengan harga obral oleh banyak netter. Biaya hostingpun kian murah. Ditambah lagi untuk memiliki bisnis online tidak memerlukan badan hukum yang ribet. Bahkan produk orang lainpun bisa dijual dengan hanya menautkan link download saja. Pada akhirnya banyak web bisnis online yang motifnya hanya meraih keuntungan belaka tanpa memperhatikan etika dala berbisnis online.

Bberbagai tawaran menggiurkan akhirnya bertebaran di inernet. Mengklaim bahwa sistem yang digunakan adalah sistem paling revolusioner, dengan menawarkan sistem randomizer, spillover dan lain sebagainya. Bagi pemula itu sema terkesan menggiurkan dan menguntungkan bagi semua member. Maka banyak pemula dalam bisnis online mendaftar ke sebanyak mungkin web bisnis online dan bergantung pada sistem randomizer. Pada akhirnya nyaris sama dengan judi. Kita daftar beli accoun dengan harga sekian, kemudia diam berharap penghasilan dari sistem tersebut.

Padahal sistem randomizer adalah sistem kemungkinan/ peluang. Kalau ada 1000 member berareti peluang kita adalah 1 : 1000. Belum lagi kalau ada admin yang curang, dengan sengaja menyeting randomizer hanya untuk  para kroninya saja. Lalau kita yang gak kenal sama sekali sama admin akan kebagian apa?

Tulisan ini bukan berarti anti terhadap bisnis online. Tapi membuka pikiran rekan-rekan netter pemula seperti saya agar tidak terjebak oleh headline web yang menggiurkan. Boleh kita ikut bisnis online, tapi setelah itu bekerjalah mencari downline. Dan yang pertama harus kita pahami adalah, kita tidak akan suskes tanpa bisa mendaptkan downline. Sekian semoga bermanfaat.