Tips Merawat Komputer Pemula

HTML clipboard
Hallo semua, kembali nih fadhil menyapa lewat Tips Trik Komputer. Lumayan lama gak nulis seputar komputer. Kali ini Fadhil ingin berbagi tentang bagaimana memelihara komputer. Ups, bukan berarti memelihara mengembang biakan lho (kaya memelihara ayam saja). Maksudnya menjaga agar komputer tetap sehat (kaya orang) maksudnya tetap bisa normal untuk bekerja. Tentunya gak ingin kan pas mau kerja komputer mendadak ngadat alias eror.


Nah ini Tips Merawat/ Memelihara Komputer agar tetap selalu prima. Sebenarnya bagi para pengguna pasif (tidak suka ngoprek) ada Tool Ampuh agar komputer selalu prima, yakni Deep Preez. Deep Prize memiliki fungsi yang sangat powerfull, sehingga banyak diandalkan oleh para pengelola warnet agar komputer/ PC selalu siap pake setiap hari. Cara kerjanya sangat sederhana, setiap komputer di restart atau dihidupkan ulang maka komputer akan kembali ke posisi awal atau posisi normal. Nah enak kan, gak ribet.


Tapi bagi kalangan advance, yang suka ngoprek komputer. Biasa orang-orang seperti ini tangannya bakal gatel kalao sehari aja gak melakukan modifikasi terhadap komputer yang dipakenya. Enta itu modifikasi hardware maupun sekedar mencoba software-software baru (baru ditemukan). Nah bagi orang semacam ini Deep Prize merupakan penghambat yang harus di berantas (hiperbola banget ya).

Berikut adalah Tips Memelihara Komputer bagi tukang nngoprek yang tidak memasang Deep Prize pada PC-nya.
1. Usahakan memiliki backup data, atau hardisk yang kita miliki harus lebih dari satu partisi. Partisi C untuk system dan partisi lainnya untuk data, jadi kalau saat kita mengintal ulang dan harus menformat ulang drive C, data kita aman. Lebih aman lagi kita punya cadangan drive yang khusus untuk backup data, jadi kalau hardisk rusak akibat ulang kita, data masih selamat.

2. Install Anti Virus, Anti Spy Ware serta Adware
Untuk Anti virus ada baiknya jangan cuma menggunakan satu anti virus saja kita bisa gabungkan antara anti virus manca dengan anti virus lokal. Misal kita gunakan AVG dan SMADAV. Selain itu juga instal anti SpyWare, saya rekomendasikan pakailah Spyware Terminator.

3. Jangan terlalu sering instal dan uninstall
Tapi ya inilah sifatnya orang suka ngoprek, mereka akan penasaran apabila menemukan hal-hal baru. Kalau anda sudah siap dengan resiko gak masalah. Tapi kalau gak mau direpotkan dengan komputer eror, medingan pake aja softaware sesuai kebutuhan dan yang betul-betul kita ketahui fungsi dan cara penanganannya.


Kayanya udah dulu deh segit aja dulu tips dari fadhil, mudah-mudahan komputernya gak ngadat-ngadat lagi. Nah kalau pengen tahu caranya bagaimana komputer agar tetap prima dan sempurna, tongkrongin aja terus nih blog. Nanti fadhil bagi tipsnya buat sobat. Kalau bisa pasang link ke blognya Fadhil, saya akan sangat berterima kasih.

Ditulis Oleh :
Fadhil untuk http://fadhilgalery.blogspot.com