Teknik Backup Data Darurat

HTML clipboard
Teknik backup data merupakan teknik yang sangat perlu diketahui oleh para pengguna komputer. Banyak para blogger sudah mengupasnya di blog kesayangan mereka tentang berabgai macam teknik backup data. Kali ini Fadhil juga mencoba menyuguhkan Teknik Backup Data Darurat meunurut fersi fadhil sendiri. Tapi kalau teknik ini pernah dibahas diblog lainnya fadhil mohon maaf, sungguh fadhil tidak bermaksud mengambil inti sari dari blog manapun. Tenkik Backup Data Darurat ini murni berdasarkan pengalaman sendiri selama menjadi tukang servis komputer.


Oke deh langsung aja ke pokok bahasan. Yang dimaksud teknik backup data darurat di sini adalah teknik backup data saat hardisk tidak lagi bisa diakses melalui windows. Kalau kita masih bisa masuk windows mungkin backup data merupakan hal yang sangat mudah. Namun bagaimana jika hardisk sudah tidak mampu untuk masuk ke windows sementara data yang ada dalam hardisk sangat penting dan banyak. 


Asal hardisk masih bisa terdeteksi di BIOS dan masih bisa menjalankan System DOS Insya Alloh data pada hardisk masih bisa diselamatkan dengan teknikn ini. Syarat utama anda harus memiliki software Norton Commander yang tertanam pada CD Bootable Win 98. Selain itu juga harus memiliki hardisk yang masih normal sebagai tempat membackup data.


Cara kerjanya adalah sebagai berikut, pasang kedua hardisk pada komputer. Seting agar komputer melakukan boot dari CD. Masuk ke BIOS dan seting Boot Sequen dari CD-ROOM. Hidupkan komputer dan masukan CD Bootable. Tunggu beberapa saat sampai masuk DOS. Ketikan CD E enter (untuk masuk ke drive E / CD ROOM, drive ini hanya ilustrasi, setiap komputer bisa berbeda). Setelah masuk ke drive E, ketikan CD NC enter (untuk masuk ke folder NC, karena saya menyimpan Norton Comannder di folder NC). Setelah masuk di folder NC, ketikan NC enter (untuk menjalankan software Norton Comannder).


Setelah software Norton Comannder berjalan, tamilan akan dibagi menjadi dua kolom. Kolom kanan sebagai drive source (drive data yang akan dibackup), kolom kiri sebagai destinatio drive (drive tempat untuk membackup data) Pada kolom kanan masuk ke drive dimana data yang akan kita backup (untuk pindah atara drive Tekan tomol Alt + F1). Drive tempat tuijuan hasil backup data sudah siap di kolom kiri. Setelah itu masuklah sorotlah folder yang akan di bakcup.  Tekan F5 (untuk mengcopy data), lihat dengan teliti pop up yang muncul sudah benarkan tujuan hasil copy data. Kalau sudah benar tekan ENTER. Tunggu sampai selesai.


Nah itu deh teknik bacup data darurat fersi fadhil. Semoga bermanfaat buat semua orang yang membutuhkan. Amin.