Penyebab Komputer Selalu Restart


Sobat blogger yang dirahmati Alloh, senang rasanya saya hari ini kembali diberi kekuatan oleh Alloh SWT untuk menulis tulisan sederhana dan dishare ke semua sahabat yang membutuhkan. Yang merasa tidak membutuhkan tulisan ini, silakan mundur secara teratur (he...he…).

Kali ini saya ingin berbagi pengalaman tentang komputer yang selalu restart saat akan login ke windows. Pada saat dihidupkan booting dengan normal tapi ketika akan masuk ke windows, mendadak computer restart.

Nah menurut pengalaman saya ada beberapa faktor yang menyebabkan hal tersebut terjadi.
Pertama faktor eksternal yaitu akibat pengaruh dari daya atau instalasi listrik yang tidak stabil. Untuk mengecek pengaruh dari faktor eksternal ini kita harus memiliki alat tester elektronik. Cek daya yang dihasilkan oleh listrik dengan menggunakan alat terster lektronik. Kalau hasil test menunjukan angka 220 berarti daya sudah mencukupi, tapi kalau di bawah 220 daya tidak mencukupi.

Berdasarkan pengalaman saya, instalasi listrik yang tidak baik sangat berpengaruh terhadap daya yang dihasilkan oleh listrik. Percuma kita memasang listrik dengan daya tinggi 900/ 1300 W misalnya, kalau instalasi listriknya buruk. Saya pernah mengalami hanya sambungan kabel listrik yang kurang kenceng aja, daya yang dihasilkan cuma kurang dari 220, otomatis gak bisa donk untuk menhidupkan sebuah PC. Jadi pastikan jaringan/ isntalasi listrik dalam keadaan baik. Saya rekomendasikan pake kabel yang dalamnya terbuat dari tembaga dengan ukuran cukup besar, jangan menggunakan kabel serabut.

Faktor kedua adalah faktor internal yaitu faktor yang terdapat di dalam PC itu sendiri. Beberapa diantaranya adalah karena pengaruh virus dan hardware yang tidak terpasang dengan baik atau bahkan mengalami kerusakan. Yang akan kita bahas di sini adalah faktor pengaruh dari hardware.

Langkah pertama yang harus dicek adalah kabel power yang terpasang ke motherboard. Cek sudah terpasang dengan erat belum. Kalo sudah terpasang dengan baik, kok masih restart terus cek daya yang dihasilkan oleh power supply sudah sesuai belum dengan data yang tertera pada power supy. Biasanya di power supply sudah tertera data daya yang dihasilkan oleh masing-masing kabel power supply. Kalau hasil test tidak sesuai (daya yang dihasilkan lebih rendah dari daya yang tertera di power supply) itu artinya power suplu mengalami kerusakan, nah solusinya tentu harus ganti.

Nah itu tadi penyebab komputer selalu restart. Jadi kalau mengalami komputer selalu restart jangan langsung memvonis komputernya sakit, tapi cek dulu pengaruh lain dengan teliti. Kalau kita terburu-buru mengambil keputusan, bisa-bisa kuta rugi karena ulah sendiri.

Maaf, tulisannya tidak dilengkapi dengan gambar. Lagi males jeprat-jepret kamera.