Software Untuk Mengedit Video


Bagi sobat yang memiliki hobi mengedit video, atau sedang mencari-cari software editing video gratisan mungkin artikel ini akan bisa menjadi referensi dan sedikit membantu. Sebenarnya ada banyak software untuk mengedit video, namun dalam tulisan ini, saya akan merevie dua software saja. Karena memang kebetulan kedua software ini yang sudah saya coba.

Kedua software tersebut adalah Ulead Video System dan AVS. AVS merupakan software yang baru-baru ini saya coba, jadi lupa deh apa kepanjangan dari AVS. Dalam hal ini saya akan menyebutnya AVS saja.

Ulead Video System adalah software editing video yang cukup bagus. Software ini biasanya akan disertakan ketika kita memberli perangkat keras yang namanya Fire Wire. Hardware Fire Ware berfungsi untuk mentransfer data video dari handycam yang menggunakan konektor kabel firewire. Nah kalo yang peke konektor USB tentunya gak butuh hardware ini. Karens setiap motherboard sudah dilengkapi dengan konektor USB, baik depan maupun belakang.

Ulead Video System cukup mudah digunakan, bahkan untuk para pemula. Jadi, bagi sobat yang sekarang ingin belajar mengedit video ulead video system bisa menjadi software pilihan. Ulead Video System dilengkapi dengan banyak efek, efek teks manimasi, efek transisi, efek suara juga sudah disertakan pada software ini.

Pilihan kedua yang bisa menjadi alternatif dalam mengedit video adalah AVS. AVS juga merupakan software untuk mengedit video yang sangat mudah digunakan. Kalau dibanding dengan Ulead Video System maka AVS memiliki keunggulan tersendiri. Diantaranya adalah efek teks animasi dan transisi yang lebih baragam. Video yang dihasilkanpun tidak sebatas pada format VCD dan DVD tapi juga bisa ke format AVI, 3GP, MP4, dan WMV. Selain itu AVS juga memiliki fitur capture screen. Yaitu fitur yang berfungsi untuk merekam segala gerakan yang terjadi pada layar monitor. Fitur Capture Screen ini akan sangat berguna untuk membuat sebuah tutorial komputer.

Itulah dua Software untuk mengedit video yang saya referensikan untuk sobat. Namun selain dari itu, tentu banyak sekali software editing video yang belum saya ketahui dan saya coba. Untuk itu bagi sobat yang punya rekomendasi silakan komentar di artikel ini, dak kalau bisa sertaka link untuk mendownload softwarenya.

Bagi sobat yang ingin mendownload AVS silakan kunjungi saja blog sahabat saya, Mas Asis Sugianto dengan alamat blognya http://asis-sugianto.blogspot.com/2011/02/avs-video-editor-521170-full-version.html atau klik DI SINI tapi untuk file patchnya tetep harus lewat blognya mas Asis Sugianto dengan link di atas.