Cara Mepercepat Kinerja Komputer Dengan Membersihkan Registri

-->
Cara Mepercepat Kinerja Komputer Dengan Membersihkan Registri | Halo sobat, setelah beberapa hari blog sederhana ini tidak mempublish artikel apapun dikarenakan ada kegiatan off  line yang menyita waktu. Kini saya kembali sharing pengalaman dan masih berkaitan dengan registri windows.

Posting yang lalu kita membahas cara membackup registri windows, sekarang mari kita belajar cara membersihkan registri windows. Seperti yang sudah ketahui sebelumnya, registri merupakan hal penting bagi sebuah sistem windows. Selain merupakan hal yang penting registri windows juga merupakan hal yang sangat sering terkena masalah. Inilah kelemahan microsoft windows, registri yang sering crash dan menjadi beban bagi sistem itu sendiri.

Penumpukan sampah pada registri windows sering sekali terjadi, apalagi bagi sobat yang hobi ngoprek PC, mencoba berbagai aplikasi, sehingga sering melakuan install dan uninstall aplikasi. Hal ini akan semakin memperparah registri dengan tumpukan sampah-sampah yang menjadi beban bagi sistem operasi.

Harus kita ketahui bahwa ketika kita melakukan install aplikasi, registri windows otomatis akan mencatat aplikasi tersebut dalam registrinya. Tapi ketika kita melakukan uninstall belum tentu registri juga menghapus registri yang berkaitan dengan aplikasi yang kita uninstall. Kejadian seperti ini jelas sangat tidak efisien, registri windows jadi terbebani oleh berbagai macam registri yang tidak ada gunanya atau tidak digunakan.

Nah biar registri windows kita senantiasa bersih dari sampah-sampah semacam itu harus kita bersihkan. Sebenarnya ada tool yang berfungsi untuk membersihkan registry windows. Coba aja cari di google dengan kata kunci regitri cleaner, banyak pilihan tool registri cleaner yang bisa kita unduh secara gratis.

Tapi saat ini saya ingin berbagi pengalaman tentang cara membersihkan registri windows secara manual. Cara yang paling mudah untuk membesrsihkan registri adalah setiap kita habis melakukan uninstall maka langsung kita bersihkan registrinya. Caranya masuk ke regstri editor, kemudian cari registri dengan kata kunci program yang kita uninstall dengan klik menu Edit, klik Find (F3), masuka kata kunci yang kita cari, setelah ketemu kemudian hapus atau delete. Tekan F3 sampai semua kata kunci yang kita cari benar-benar habis.

Catatan : lakukan hal tersebut dengan hati-hati. Terutama saat akan menghaspus value registri, baca dengan seksama, apakah betul value registri tersebut yang akan kita hapus. Ada baiknya sebelum kita melakukan ini, registri di backup dulu.