Cara Promosi Blog Yang Baik dan Benar


Promosi blog adalah sebuah kegiatan memperkenalkan blog ke khalayak baik secara ofline maupun online. Ada banyak cara untuk mempromosikan blog yang kita miliki. Berdasarka media, promosi blog dibagi dua yaitu online dan offline. Tapi sampai saat ini, saya belum pede untuk melakukan promosi blog secara offline.

Promosi blog secara offline yaitu memromosikan blog melalui kegiatan dan atau media offline, seperti contoh melalui koran, majalah, spanduk, selebaran, dll. Nah bagi yang serius dan pede media offline ini juga bisa mendatangkan traffic yang lumayan buat blog anda.

Promosi blog secara online adalah promosi blog yang dilakukan melalui media online, yaitu internet. Di internet juga ada lagi banyak media promosi blog baik yang gratisan mapupun yang berbayar. Kalau yang berbayar, misalnya anda  mempromosikan blog melalui jasa sebar iklan seperti contoh KUMPUL BLOGGER DOT COM. Iklan anda akan menyebar di seluruh blog yang menjadi publisher kumpul blogger dot com, dan biaya di tentukan berdasarkan per klik.

Promosi blog online secara gratis, ini yang saya suka. Mempromosikan blog secara cuma-cuma. Emang sih butuh waktu dan kesabaran untuk bisa mendatangkan traffic ke blog kita. Beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mempromosikan blog secara gratis adalah melalui :
1. Search engine
2. Web/ Blog Direktori
3. Forum
4. Sosial bookmark
5. Link Exchange
6. Blog Wlking

Promosi blog yang baik dan benar, dalam melakukan prmosi blog harus memenuhi kaidah-kaidah dan etika-etika. Ketika melakukan submit ke search engine janga lakukan berulang-ulang, cukup satu kali dan tunggu sampai terindek, kalau dalam 1 x 24 jam belum terindek baru mencoba lagi. Kalau kita melakukan dengan berulang-ulang, kemungkinan akan dianggap sebagai SPAM, dan akhirnya akan di band.

Ketika melakukan promosi blog di web/blog direktori, pastikan anda memilih kategori yang pas dengan topik blog anda. Jangan  sampai blog kita bertopik teknologi, memilih kategori kesehatan. Gak lucu kan???. Begitu juga saat kita berpormosi melalui forum, pilihlah forum yang sesuai dengan bidang atau topik blog kita.

Promosi blog secara baik dan benar sangat perlu dilakukan, apalagi saat melakuka promosi blog melalui blog walking. Blog walking adalah kegiatan mendatangi blog orang lain dan meninggalkan link dengan cara berkomentar pada blog tersebut. Berikut adalah cara melakukan kegiatan blog walking yang benar.

Tinggalkan link. Jangan sesekali melakukan koment dengan identitas anonim. Sebelum melakukan koment baca dan fahami inti dari artikel yang anda baca. Hal ini untuk menghindari mis komunikasi, jangan sampai koment anda menjadi bahan tertawaan blogger lainnya. Tips untuk menghemat waktu dalam membaca artikel sebelum melakukan koment, baca dan fahami judulnya, baca sekilas atau beberapa paragraf utamanya, dan baca pula beberapa koment yang sudah ada. Dengan cara ini waktu kita akan tidak tersita banyak, dan masih bisa tetap nyambung dalam melaukan komntar. Jangan koment dengan kalimat-kalimat bualan, seperti contoh NICE POST, NICE INFO, MANTAPP, PERTAMAXXX, dll. Koment sepeti ini bukan dari orang yang betul-betul fokus pada artikel yang anda sajikan, mereka hanya berambisi meninggalkan link sebanyak-banyaknya pada blog orang lain. Orang seperti ini EGOIS!!!!!!!