--> Kenapa Komputer Lambat Banget | Panduan Servis Komputer dan Laptop

Panduan Servis Komputer dan Laptop adalah cara memperbaiki berbagai kerusakan atau error yang terjadi pada komputer ataupun laptop yang menyangkut software maupun hardware, cara memperbaiki komputer rusak, cara memperbaiki windows error, cara memperbaiki aplikasi error, cara memperbaiki printer rusak

3/17/2011

Kenapa Komputer Lambat Banget

| 3/17/2011

Kenapa Komputer lambat banget, itulah keluhan salah satu saudara yang kemarin datang ke rumah saya. Dia meminta saya untuk memoperbaiki komputernya agar bisa berlari kencang lagi sekencang kuda liar (lebay).

Singkat cerita, saya langsung melakukan operk PC. Ketika dihidupkan, komputer lambat banget , sehingga loading aja memerlukan kurang lebih 5 menit. Setelah masuk ke windows dan mencoba menjalankan beberapa aplikasi, komputer malah hang. Padahal aplikasi yang di jalankan cuma dua aplikasi yaitu Adobe Photoshop dan Corel Draw.

Langsung saya lakukan bedah terhadap komuter tersebut, saya coba masuk melalui Safe Mode. Buka windows explorer, dan mencari hal-hal yang mungkin bisa menjadi pemicu terjadinya komputer lambat banget.

Hal pertama yang saya bedah adalah dirive C. Kenapa saya memilih drive C??? Karena di dari drive C inilah system dijalankan.  Saya lihat properties drive (klik kanan, klik properties), wow dari space 20 GB hanya tersisa 3 GB saja, padahal tidak ada data dalam kapasitas besar yang disimpan di drice C, aplikasipun tidak ada aplikasi yang memiliki data sebesar itu. Pasti ada yang gak beres nih.

Langkah selanjutnya saya masuk ke C:\MSOCache\All User. Distiu ada folder 90000409-6000-11D3-8CFE-0150048383C9, tanpa basa-basi saya hapus tuh folder. Kemudian saya masuk ke C\Windows\Temp, kemudian saya hapus semua isi dari folder tersebut (foldernya jangan dihapus).

Langkah selanjutnya lagi, saya masuk ke C:\Documents and Settings\Default User\Local Settings\Temp, di sini sangat mengejutkan saya menemukan file yang besarnya mencapai 1 GB, dan banyak lagi file lainnya yang ukurannya besar-besar. Tanpa basa-basi saya hapus semua file tersebut.

Kemudian saya membersihkan registri editor, dan tak lupa saya minimalkan starup dari komputer tersebut. Caranya klik Start, Klik Run, ketik msconfig , enter. Masuk ke tab menu Startup, saya matikan beberapa startup alikasi yang tidak penting, kemudian masuk juga ke tab menu Services, di situ juga saya melakukan beberapa modifikasi, yaitu menonaktifkan beberap fungsi windows (sesuai kebutuhan).

Terakhir saya lakukan restart, eng ing eng..... Windows loading dengan cepat, menjalankan aplikasi bisa dengan cepat tanpa mengalami hang. Dan tak lupa saya kasih imunisasi tuh komputer. Dengan cara memberinya Tren Micro, lakukan scan beberapa saat, dan beberapa virus, adware, malware, dan BHO terdeteksi. Hapus semua penyakit tersebut. Restart kembali komputer. Dan sekarang komputer gak lambat lagi. Tapi justru komputer bisa berlari sangat kencang. 


Related Posts