Komputer Tercepat di Dunia


Salah satu alasan orang memilih membeli sebuah komputer adalah karena kecepatannya. Ya, kemampuan sebuah komputer dalam melakukan proses dengan cepat dan stabil inilah yang menjadi alasan pertama kita memilih komputer. Baru yang kedua mungkin memilih desain dan menyesuaikan harga dengan budget.

Tahukah sobat??? Secepat apapun kemampuan komputer di rumah kita untuk memproses suatu data ternyata belum seberapa bila dibandingkan dengan komputer yang akan saya inromasikan di bawah ini.

Roadrunner diklaim sebagai komputer tercepat di dunia. Komputer ini sangat powerful, dia  mampu melakukan kalkulasi-kalkulasi paling kompleks, hanya dalam sekejap mata. Dari memonitor kesiapan dan ketahanan senjata-senjata nuklir Amerika, meramalkan cuaca dan gempa bumi dengan presisi tinggi, memetakan genome manusia yang sangat kompleks, dan tentu saja mempercepat akselerasi pengembangan teknologi-teknologi potensial terbaru.

Berapa kecepatan yang dimiliki oleh komputer tercepat di dunia ini?
Komputer tercepat di dunia yang diberi nama Roadrunner sekarang berada di Laboratorium raksasa Los Alamos New Mexico, Amerika, dibuat oleh perusahaan IBM. Menuruti informasi kecepatannya telah menembus 1 Petaflop pada 25 Mei 2008.

1 Petaflops sama dengan 1000 triilyun kalkulasi perdetik atau 1 quadrillion, bukan 1 juta kalkulasi per detik, bukan 1 milyar kalkulasi per detik, dan, bukan 1 trilyun kalkulasi per detik. Kecepatan inipun masih dalam tahap pengembangan dan di rencanakan Roadrunner ditargetkan akan mencapai kecepatan puncak 1,7 Petaflops.

Namun menurut informasi lain yang saya dapat dari http://www.komputasi.lipi.go.id, komputer tercepat di dunia bukan Roadrunner melainkan MDGrape-3.  Kompute ini milik Riken, sebuah lembaga riset pemerintah Jepang. Riken berdiri pada 1917. Awalnya, ini adalah lembaga riset swasta. Namun kemudian lembaga ini berada di bawah Kementerian Pendidikan, Budaya, Olahraga, Ilmu, dan Teknologi Jepang.

MDGrape tidak pernah disebut-sebut sebagai komputer tercepat di dunia karena sistemnya sangat khusus sehingga program yang biasa dipakai menguji kecepatan tak bisa dijalankan di sini. MDGrape-3 dirancang untuk membuat simulasi dinamika molekuler. Saat membuat obat baru, perusahaan farmasi menyewa MDGrape-3 untuk menghitung bagaimana tubuh bereaksi terhadap zat kimia tertentu. Reaksi-reaksi ini bisa dihitung dengan komputer konvensional, tapi butuh beberapa hari. Sedangkan MDGrape-3 cukup beberapa detik.
Itulah dua komputer tercepat didunia yang sengaja saya informasikan buat sobat. Yang menarik dari keduda komputer di atas adalah, Roadrunner komputer yang dicipatakan untuk kepentingan militer (berkaitan erat dengan peperangan dan pembantian) sedangkan MD Grape-3 adalah komputer yang diciptakan untuk membuat obat (berkaitan dengan penyelamatan manusia). Sungguh dua tekonologi yang saling bertolak belakang.
Maka dengan ini saya menyimpulkan bahwa teknologi tidak bisa lepas dari kita yang hidup di masa sekarang. Adapun efek dari terkonologi, baik positif maupun negatif itu tergantung kembali pada manusianya yang menciptakan dan sekaligus menggunakan teknologi tersebut. Jadi kalau ada efek negatif dari sebuah tekonologi, contoh internet, kabarnya merupakan media yang paling berperan menyebarkan faham kebebasan dan pronografi, maka jangan internetnya yang kita hancurkan, tapi manusianya yang harus kita beri pondasi keimanan.
Sobat blogger itulah informasi tentang komputer tercepat di dunia. Tentunya informasi ini juga tidak 100% falid, dan saya yakin ada komputer-komputer tercepat di dunia yang sengaja dirahasiakan keberadannya dan atau saya memang belum tahu informasinya. Bagi sobat yang sudah tahu informasi terkini tentang komputer tercepat di dunia, silakan lengkapi tulisan ini dengan memberikan komentar pada form yang tersedia.