Web Hosting dan Domain Gratis


Lama juga saya gak membuat tulisan yang berkatitan dengan internet. Setelah berselancar beberapa saat di Google, muncul inspirasi untuk membuat tulisan yang mengulas tentang web hosting gratis.

Web hosting merupakan tempat menyimpan data yang nantinya akan dipublikasikan lewat sebuah alamat atau URL web. Parusahaan-perusahaan web hosting biasanya juga menyertakan domain sebagai alat utama sebuah web.  Sebelumnya saya ingin memberi tahu yang belum tahu bedanya web hosting dan domain. Sebagai pemula, saya sempat dibingungkan dengan dua istilah ini.

Web hosting Web hosting merupakan tempat menyimpan data yang nantinya akan dipublikasikan lewat sebuah alamat atau URL web sedangkan Domain adalah merupakan identitas atau alamat website kita. Kalau dianalogikan dengan sebuah toko offline maka hosting seumpama gudang sedang domain adalah papan nama toko tersebut. Dan dalam pembeliannya keduanya memiliki harga yang berbeda berdasarkan kriteria yang berbeda pula. Web hosting menentukan harga berdasarkan kapasitas tempat/ space yang kita sewa sedangkan domain menentukan harganya berdasarkan top domain dalan lamanya menyewa. Contoh top domain adalah .com, .co.id, .go.id, .web.id dan lain sebaginya. Dari masing-masing top domain tersebut memiliki fariasi harga yang berbeda-beda. Jadi pada saat membeli hosting dan domain perlu diperhatikan secara detail agar tidak kecewa nantinya.

Kalau untuk ajang coba-coba ada baiknya kita gunakan fasilitas gratisan. Seperti biasa, saya adalah penyuka barang gratisan, jad saat ini saya juga akan berbagi sesuatu yang gratisan buat sobat. Web hosting gratisan yang akan saya bagikan kepada sobat. Pertanyaan berikutnya Domain gratisan ada gak? Kalau top domain yang betul-betul gratis sampai saat saya menulis artikel ini, saya belum menemukannya. Tapi kalau yang bukan top domain banyak. Ini dia info Web hosting gratisan yang saya referesikan buat sobat :

Itulah beberapa web penyedia hosting gratis mengenai fitur apa yang ditawarkan dan berapa space yang disediakan oleh masing-masing web, silakan sobat pelajari sendiri. Sebenarnya blogspot yang kita gunakan inipun merupakan layanan hosting plus domain gratis. Cuma bedanya kita gak direpotkan dengan harus menginstall script sendiri. Dari dereten daftar web penyedia web hosting gratis di atas juga ada yang seperti blogspot, yaitu www.webnode.com, kita cuma registrasi kemudian memilih templet, kemudian posting dan jadi deh sebuah web sederhana.

Kalau sobat ingin menggunakan script sendiri, contoh sobat ingin mencoba menginstall script toko online, scripst PHP Nuke dan lain sebagainya soba pilih di antara web di atas yang menyediakan layanan database dan PHP MySql. Selamat mencoba.