Belajar Komputer dan Internet Autodidak

HTML clipboard
Belajar Komputer dan Internet Autodidak yang kali ini menjadi sorotan saya. Kenapa demikian??? Saya teratarik dengan beberapa pernyataan teman-teman, bahwa mereka menjadi mahir di bidang ilmu komputer dan internet ternyata hasil dari belajar secara autodidak. Bahkan mereka  mengklaim keahlian mereka bisa disejajarkan bahkan melebihi keahlian yang dimiliki oleh orang-orang yang belajar melalui jalur akademis. Betulkah hal tersbut???

Kalau menurtu saya, pernyataan tersebut tidak sepenuhnya betul dan tidak juga salah. Masalah keahlian yang dimiliki kembali pada pribadi masing-masing. Kembali pada ketekunan dalam belajar dan kemampuan menyerap seluruh ilmu yang dipelajari. Tapi lepas dari itu semua, ada beberapa kelebihan yang dimiliki oleh orang-orang yang belajar komputer dan internet secara auto didak.

Apa sih kelebihan belajar komputer dan internet autodidak??? Berikut adalah pendapat saya pribadi yang tidak sepenuhnya benar. Kelebihan yang dimiliki oleh orang-orang belajar komputer dan internet autuodidak adalah :

Belajar dengan ikhlas, oran-orang yang belajar komputer dan internet secara autodidak belajar dengan didasari rasa senang atau cinta terhadap yang dipelajarinya, tanpa ada paksaan ataupun pamrih apapun.

Mempunyai banyak guru dan referensi, orang yang belajar komputer dan internet secara autodidak memiliki banyak guru dan referensi dikarenakan siapa saja bisa menjadi gurunya, dan guru yang terbaik bagi mereka adalah pengalaman. Oleh karena itu mereka adalah orang-orang yang tergolong memiliki sifat nekat atau berani menanggung resiko atas segala uji coba yang mereka lakukan. yang penting mereka mendapat pelajaran dari apa yang mereka lakuan atau uji coba. Karena merasa perlu memperkaya pengetahuannya, maka mereka akan mencari banuyak referensi.

Tidak jaim atau jaga image, orang-orang yang belajar secara autodidak tidak segan-segan bertanya pada siapa saja tanpa memandang apakah orang tersebut berpenampilan terpelajar atau tidak. Asal kelihatannya memiliki kemampuan di bidang komputer dan internet maka dengan rasa senang dia akan menyerap ilmu darinya.

Cenderung berani mengambil resiko, orang-orang yang belajar komputer dan internet secara auto didak berani melakukan percobaan dan siap dengan resiko akibat percobaannya. Bahkan untuk orang-orang yang menggeluti ilmu security web tidak tanggung-tanggung menjadikan web pemerintah sebagai uji coba dengan resiko dia akan disebut sebagai hacker atau pembobol web pemerintah.

Itu mungkin beberapa kelebihan yang dimiliki oleh orang yang belajar komputer dan internet autodidak, yang tentunya tidak bisa semua saya sebutkan di sini. Sebagai catatan saja, banyak para ahli ilmu komputer dan internet adalah lahir dari ketekunan mereka belajar secara autodidak. Bahkan para ahli security web lahir dari forum-forum hacker yang notabene belajar secara auto didak.