Blog Terkenal Tidak Memenuhi Kaidah SEO

HTML clipboard
Judul postingan kedua hari ini adalah Blog Terkenal Tidak Memenuhi Kaidah SEO. Sepertinya tulisan ini ingin menyudutkan atau menggugat blog-blog yang sudah nangkring di papan atas. Tidak seperti itu, mari kita simak bersama-sama, mudah-mudahan dari sini kita akan mendapatkan pelajaran yang berarti.

Tulisan ini terinspirasi dari hasil googling saya selama beberapa hari. Dari hasil googling tersebut saya mengambil kesimpulan bahwa blog-blog terkenal yang sudah mendulang sukses ternyata tidak memenuhi kaidah SEO. Kenapa saya beranggapan demikian, paling tidak saya memiliki standar untuk memberikan penilaian. Standar tersebut adalah pengetahuan dasar saya tentang SEO yang meliputi :
1. Memiliki meta tag yang bagus
2. Judul postingan harus mengandung keyword yang dibidik
3. Dalam artikel harus tersisipkan keyword yang dibidik dengan jumlah yang sudah ditentukan
4. Penulisan keyword berada di awal paragraf dan akhir paragraf
5. Keyword harus ditulis dengan bold, miring, garis bawah dan lain sebagainya

Di atas adalah sekilas tentang pengetahuan SEO yang saya miliki. Setelah membandingkan dengan blog dan website terkenal saya tidak menemukan syarat-syarat di atas pada blog atau websitenya. Kemudian saya temui sebuah blog yang kabarnya dikelola oleh Blogger yang sangat dibenci sekaligus dicintai para penjelajah dunia maya, yaitu www.blogernas.co.cc. Disitu saya baca postingan dengan judul Menggugat SEO Kentut Friendly, kesimpulan dari artikel tersebut adalah menepis semua kekuatan teknik SEO yang saya paparkan di atas.

Kemudian diperkuat lagi dengan postinga Mbak Rihar Diana di blognya http://dhanaarsega.blogspot.com dengan judul artikel 5 Blogger Wanita TOP di Dunia, dari kelima blogger wanita tersebut tidak ada satupun yang blognya mengulas tentang tutorial blog, tutorial SEO dan yang pasti tulisannya lebih kepada mengekspresikan keinginannya untuk menulis atau berbicara di wilayah publik.

Jadi menurut saya kalau kita ingin sukses di dunia blogger, maka kita harus bebas dalam menulis. Janga dibatasi dengan segala macam aturan apalagi aturan SEO. Lihat dengan kita terpaku pada aturan SEO, maka bahasa yang ingin kita sampaikan menjadi terbatas, karena takut artikel tidak SEO Friendly sehingga tidak dibaca oleh netter.

Blooger terkenal lebih mengutamakan isi dari sebuah artikel daripada teknologi SEO. Tulisan mereka benar-benar menjadi nyawa dari blog mereka, sehingga orang datang bukan karena tersasar ke blognya melalui Search Engine, tapi karena mereka kecanduan tulisannya sehingga kemudian dengan sukarela mencatat atau membookmark almaat blog atau web mereka karena takut ketinggalan tulsan-tulisan dari mereka.

Pertanyaannya siapkan kita menjadi seorang penulis??? Atau kita hanya siap menjadi seorang blogger saja. Ingat nyawa sebuah blog adalah content yang diusungnya, bukan kecanggihan SEOnya yang bisa membuat orang berkunjung kemudian berputar-putar disitu tanpa mendapatkan sesuatu yang bermanfaat. Kalau itu yang terjadi pada blog anda, maka pengunjung akan pergi dari blog anda sambil mengeluarkan sumpah serapah dan mengingat alamat blog anda agar ketika menemukan kembali di Search Engine tidak akan mengkliknya lagi.

Kalau anda ingin menjadi penulis di dunia maya, jadilah manusia dan memanusiakan manusia lainnya. Jangan menjadi robot yang sehari-hari hanya memberikan tips dan trik tanpa berkomunikasi seperti layaknya manusia.