Cara Install Driver Hardware Pada Komputer

Setelah kita belajar servis komputer sendiri pada artikel yang kemarin, sekarang mari kita lanjutakan belajar kita ke tahap selanjutnya. Tahap berikutnya dalah belajar Cara Install Driver Hardware Pada Komputer

Sebelum kita belajar lebih detail lagi ada baiknya kita ketahui dulu apa sih driver hardware itu. Secara sederhananya driver hardware adalah software yang berfungsi untuk mengkomunikasikan antara hardware dengan system operasi. Jadi setiap hardware agar bisa bekerja pada system operasi diperlukan sebuah driver. Contoh soundcard, tidak akan berfungsi atau tidak akan bisa menghasilkan suara tanpa adanya drivernya. 

Apabila kita membeli PC ataupun laptop perhatikan kelengkapannya, apakah CD drivernya disertakan atau tidak. Kalau tidak, kita berhak memintanya pada toko yang bersangkutan. Kalau kita menginstall PC yang masih dilengkapi dengan CD driver cara installnya sangat mudah. Setelah install system opersi selesai, langsung aja masukin CD Drivernya, biasanya CD Driver sudah di setup Auto Run, jadi kita hanya mengikuti petunjuk yang diberikan oleh program saja. Dan biasanya, setiap CD  Driver berhasil menginstall driver hardware, misalnya VGA maka komputer akan meminta untuk di restart, tinggal kita restart saja dan tunggu samapai hidup kembali dan melakukan install driver berikutnya yaitu sound card dan lain sebagainya.

Yang jadi permasalahan bagaimana jika CD Drivernya tidak ada. Kita harus mengidentifikasi jenis hardware dan seri yang akan kita install, Misalnya VGA merk apa dan seri berapa (Contoh GeForce FX 5200) maka kita harus mencari driver tersebut.Bagaimana kalau sudah mencari tapi tidak atau susah menemukan model driver dimaksud. Maka kita lakukan percobaan dengan intall driver hardware dengan metode pendekatan. Maksudnya kita install driver sejenis dengan nomor seri yang mendekati. Contoh untuk mengistall driver VGA di atas kita gunakan GeForce FX 5400. Begitupun juga pada driver-driver lainnya. Hanya sekedar pegalaman, saya pernah menginstall driver Canon IP1700 menggunakan Canon IP1300, dan hasilnya printer bisa bejalan normal.

Beginilah Cara Install Driver Hardware Pada Komputer yang biasa saya lakukan. Dan sejauh ini jarang menemukan kendala. Semoga bermanfaat.

Ebook Teknisi Komputer Best Seller

belajar komputer

Cara Install Driver Hardware Pada Komputer

Terkait Cara Install Driver Hardware Pada Komputer



0 Komentar:

Poskan Komentar

Lebih indah tanpa pornografi dan lebih bijak tanpa SPAM.