Ayo Mengenal Tentang VGA Komputer

Bagi anda para pemula seperti saya di bidang komputer, mungkin ada beberapa hal yang anda tidak ketahui. Salah satunya adalah komponen apa saja yang ada pada komputer. Untuk kali ini ayo kita mengenal tentang VGA komputer.

VGA Komputer adalah salah satu perangkat keras atau hardware penting yang wajib dimiliki oleh sebuah komputer. Fungsinya yaitu untuk mengkonvert data digital dari CPU menjadi data gambar yang ditampilkan pada monitor.

VGA Komputer dibedakan berdasarkan letaknya menjadi dua jenis VGA, yaitu VGA on board dan VGA Card. VGA On board adalah VGA yang terpasang secara paten dan permanen pada sebuah motherboard, sedangkan VGA Card adalah kartu VGA yang bisa di pasang dan dicopot pada motherboard.

VGA Card juga dibedakan lagi berdasarkan jenis slot yang digunakan, yaitu VGA AGP dan VGA PCI. VGA AGP adalah VGA yang dipasang pada slot AGP, biasanya pada motherboard hanya tersedia satu slot AGP dan dikhususkan untuk VGA, sedangkan VGA PCI adalah VGA Card yang dipasang pada slot PCI. Slot PCI ini bersifat universal, artinya slot PCI tidak hanya untuk dipasangi VGA Card tapi juga bisa untuk kompoen lainnya, seperti sound card, ethernet card atau LAN Card.

Yang berpengaruh terhadap kinerja VGA adalah kecepatan memory yang dimiliki oleh sebuah VGA. Kecepatan VGA bervariasi mulai dari 16 MB, 32 MB, 64 MB, 128 MB, 256 MB, 512 MB, 1 GB dan seterusnya. Semakin besar memory yang dimiliki VGA semakin bagus kinerjanya.

Dipasaran, yang paling terkenal adalah VGA merk Nvidia dan ATI. Dua merek VGA ini adalah yang paling banyak digunakan oleh para pengguna komputer, baik komputer rumahan maupun komputer yang ada di instansi-instansi.

Nah cukup segini aja deh artikel dari saya tentang mengenal VGA. Kalau anda atau kalian para pelajar yang sedang membutuhkan artikel-artikel tentang komputer, tidak ada salahnya kalau mencatat alamat blog ini atau membookmark pada browser anda. Terima kasih….