Cara Install Driver Printer Alternatif

Cara Install Driver Printer Alternatif ini adalah tulisan saya untuk menyambung tulisan saya kemarin 3 Langkah Mudah Install Driver Printer. Dalam akhir perbincangan kita tentang mengintall driver printer kemarin saya menjanjikan akan menulis tentang mengintall driver printer yang tidak ada driver aslinya.

Seperti kita ketahui, setiap printer memiliki driver masing-masing. Tapi bagaimana jika driver printer tersebut hilang dan susah mencari yang sejenis. Kita bisa gunakan driver printer alternarif.

Alternatif driver printer yang kita gunakan adalah driver printer yang satu merk tapi beda type. Contoh saya menggunakan driver printer Canon IP 1300 untuk driver Canon IP 1880. Sebagai catatan, saya pernah mencoba untuk tipe IP 1300, IP 1700, IP 1880, IP 1900 dari masing-masing printer tersebut bisa mengunakan driver sercara silang. Contoh Canon IP 1700 bisa menggunakan driver Canon IP 1900, begitu juga sebaliknya.

Cara menginstall driver printer alternatif sangat mudah. Sebagai ilustrasi saya akan mengintall driver printer IP 1880 menggunakan IP 1300. Install Driver Printer Canon IP 1300 seperti biasa (saya tidak akan menjelaskan secara detail) pada saat proses install meminta conektor kabel, klik Manual (lupa panjangnya). Pilih konektor yang ada bebas, bisa LPT, COM dan lain sebagainya. Teruskan sampai selesai.

Anggap saja anda sudah selesai. Sekarang nyalakan printer. Serperti biasa komputer akan meminta install driver.
  1. Klik Install From a List or Specific Location (Advance)
  2. Klik Next
  3. Klik Don’t search. I will choose the driver to install
  4. Klik Next
  5. Pada daftar hardware yang ditampilkan pilih atau klik Printer
  6. Klik Next
  7. Sekarang muncul pilih merk printer pada kolom sebelah kiri klik Canon, cari Canon IP 1300 pada kolom sebelah kanan
  8. Klik Next, dan seterusnya sampai selesai.

Dengan cara ini, anda telah berhasil menginstall driver alternatif untuk Canon IP 1880 menggunakan Canon IP 1300.