Bagaimana Menulis Artikel Untuk Blog?

Bagaimana Menulis Artikel Untuk Blog? Mungkin itu yang penjadi pertanyaan besar para blogger pemula seperti saya. Bagaimanapun juga menulis artikel untuk blog berbeda dengan menulis artikel untuk media cetak atau hanya untuk dibaca seseorang.

Ketika kita menulis artikel untuk media cetak atau untuk orang tertentu, yang pertama dinilai adalah kualitas dari sebuah artikel. Isi artikel, bahasa yang digunakan dalam penulisan artikel dan serangkaian kaidah lain yang bisa dinilai oleh manusia. Apabila, menurut penilaian media cetak sudah bagus, maka otomatis tulisan kita akan dipublikasikan.

Berbeda dengan menulis artikel untuk blog. Agar tulisan kita bisa dibaca oleh pengguna internet maka kita harus melaui media penyampai informasi yang kita berikan kepada pengguna internet. Siapa yang jadi media penyampainya??? Tiada lain dan tiada bukan adalah Search Engine atau mesin pencari. Search Engine yang paling banyak digunakan oleh pengguna internet dalam mencari informasi di belantara dunia maya adalah Google.

Bagaimana google merekomendasikan sebuah tulisan atau artikel kepada para pencari informasi di laman google??? Ini yang menjadi bahan kajian banyak blogger.

Secara garis besar bisa kita tarik kesimpulan. Bahwa menulis artikel untuk blog tidak semata-mata untuk dibaca oleh manusia tapi juga dibaca oleh mesin pencari (dalam hal ini google). Karena melalui google itulah artikel kita sampai pada para pembaca.

Sedangkan seperti kita ketahui, bahwa google dalam membaca artikel itu menggunakan alogaritma yang sudah di desain sedemikian rupa oleh para profesor google. Dalam arti kata artikel kita tidak dibaca oleh manusia melainkan oleh robot mesin pencari.

Melihat kedua pembaca (mesin pencari dan manusia) yang menjadi target kita, maka kita harus bisa menyajikan sebuah artikel yang mudah dibaca oleh mesin pencari tapi tetap nyaman dan bermanfaat untuk dibaca manusia. Karena ketika kita menulis hanya diutamakan untuk dibaca oleh mesin pencari dan mengabaikan kualitas sebuah tulisan, maka artikel kita hanya akan menjadi tempat persinggahan sementara para penjelajah internet tanpa memberikan kesan apapun.

Begitu juga sebaliknya, apabila kita hanya memikirkan kualitas sebuah artikel tanpa memberikan umpan untuk mesin pencari, maka artikel kita akan tenggelam di samudera mesin pencari, tidak bisa muncul ke permukaan dan akhrinya tidak pernah di baca oleh manusia. Kecuali kita mempunyai budget untuk membayar media lain agar bisa mendatangkan pengunjung ke blog milik kita.

Demikian ulasan bagaimana menulis artikel untuk blog. Dua unsur utama yang harus kita uapayakan.
  1. Arikel kita mudah untuk dibaca mesin pencari
  2. Artikel kita juga harus berkulitas, baik dari segi manfaat maupun gaya penulisan. Sehingga memberikan kesan berarti kepada para pembaca.
Semoga tulisan sederhana dan kurang berkualitas ini memberikan manfaat untuk anda para blogger pemula seperti saya. Semoga sukses