Belajar Ilmu Internet Marketing Untuk Pemula

Setelah beberapa waktu yang lalu saya menulis Internet Marketing Trends Indonesia. Sekarang mari kita lanjutkan pembicaraan kita tentang internet marketing.

Belajar Ilmu Internet Marketing Untuk Pemula adalah judul yang sangat cocok untuk artikel saya kali ini. Karena memang segala sesuatu ada ilmunya. Kalau kita ingin meraih sesuatu harus menguasai ilmunya. Begitu juga kalau kita ingin berhasil dalam bisnis internet, kita harus menguasai Ilmu Internet Marketing.

Mari kita mulai belajar bersama tentang ilmu internet marketing. Kita mulai dari definisi. Ilmu internet marketing adalah ilmu yang mempelajari cara menjual produk lewat internet. Sebenarnya ada banyak definisi tentang ilmu internet marketing. Nah ini adalah definisi menurut versi saya sendiri setelah membaca dan menyimpulkan beberapa pendapat ahli tentang ilmu internet marketing.

Selanjutnya adalah tujuan dari belajar ilmu internet marketing. Karena kita berlajar ilmu untuk menjual produk lewat internet, otomatis tujuan dari belajar ilmu ini adalah agar bisa berhasil atau sukses dalam melakukan penjualan produk lewat internet.

Hal apa saja yang harus kita pelajari dari ilmu internet marketing??? Ada banyak. Sebenarnya ilmu internet marketing dengan ilmu SEO (Search Engine Optimization) adalah dua ilmu yang hampir sama. Yang membedakan adalah tujuan atau hasil akhir yang ingin dicapai.

Ilmu internet marketing tujuan akhirnya adalah berhasil menjual, artinya berhasil mendapatkan keuntungan finansial. Sedangkan ilmu SEO tujuan akhirnya adalah meramaikan visitor terhadap web atau blog. Maka kemudian muncul beragam teknik black hat SEO. Tujuannnya agar web atau blog ramai dikunjungi orang tanpa memikirkan apakah bisa memberikan manfaat atau tidak.

Sedangkan ilmu internet marketing lebih fokus pada keberhasilan menjual produk. Maka selain menerapkan ilmu SEO, internet marketter juga mengemas pesan mereka dengan bahasa yang baik, sopan, menarik dan memastikan bahwa ada manfaat yang didapat apabila orang membeli produknya.

Lain halnya dengan ilmu SEO adalah fokus pada keyword. Dalam istilah SEO adalah nembak keyword. Yaitu mencari keyword yang sedang ramai kemudian membidiknya dengan artikel yang sengaja difokuskan pada keyword tersebut. Jadi tidak menjual produk, tapi menjual keyword.

Hasilnya gemana??? Kalau internet marketter mereka memeperolah ketenaran dan uang, sedangkan para penggila SEO memperoleh ketenaran tapi tidak memperoleh uang. Bahkan uang habis untuk optimasi SEO. Wkwkwkw….

Ya… ini hanya pendapat pribadi. Kalau ada master SEO yang tersinggung dengan tulisan Belajar Ilmu Internet Marketing Untuk Pemula saya ini saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Harap dimaklum, pemula yang lagi terus bereksperimen…..