Penjelasan Ahli Tentang Virus Komputer

Virus Komputer!!! Ini selalu menarik untuk diperbincangkan. Hal ini karena ada banyak ragam efek virus yang ditimbulkan terhadap sebuah komputer. Maka kemudian muncul berbagai macam pendapat tentang virus komputer. Lalu bagaimana orang yang benar-benar ahli menjelaskan tentang virus komputer??? Mari kita simak uraian berikut ini.

Virus Komputer didefinisikan sebagai suatu aplikasi yang dapat mereplikasi diri dalam suatu jaringan komputer. (Sigit W Warsito : Suara Merdeka Edisi Sabtu 4 Juni 2011 Hal. 8 Aneka Virus Komputer)

Virus Komputer memiliki sifat merusak dan kemampuan menginfeksi file-file lain menjadi memiliki sifat yang sama dengan virus tersebut. Selain itu, virus komputer juga dapat mengubah ukuran file yang terinfeksi tanpa merubah tanggal modifikasi suatu file.

Kerusakan yang diakibatkan oleh virus komputer secara umum hanya terjadi pada software saja, sedangkan kerusakan hardware yang diakibatkan oleh virus secara langsung sangat jarang terjadi. Meskipun kerusakan pada hardaware juga bisa saja terjadi, yaitu dengan cara virus memaksa suatu hardware bekerja melebihi batas kemampuan hardware tersebut.

Target yang menjadi serangkan virus-virus komputer saat ini, kebanyakan adalah system operasi windows. Secara logika, ini layak terjadi. Mengapa demikian??? Karena sebagian besar pengguna komputer adalah pengguna system operasi windows. Jadi pembuat virus juga kebanyakan menjadikan windows sebagai target dari virus-virus buatannya.

Lebih lanjut Penjelasan Tentang Virus Komputer ini terus diberikan oleh Sigit W Warsito tentang Jenis Virus Komputer. Berdasarkan cara kerjanya, maka virus komputer dapat digolongkan menjadi beberapa kategori :
1.      Trojan : Virus komputer ini mengambil data dari komputer yang terinfeksi kemudian mengirimkannya kepada pembuat trojan tersebut.
2.      Backdoor : Cara kerjanya hampir sama dengan trojan, perbedaanya adalah backdoor menyamarkan dirinya sebagai aplikasi yang aman-aman saja. Misalnya sebagai game.
3.      Worm : Worm ini menduplikasikan dirinya pada hardisk, sehingga hardisk komputer menjadi penuh. Umumnya worm tidak merusak, tapi selain membuat komputer menjadi lambat juga bisa membahayakan mail server.
4.      Virus Macro : Virus yang dibuat dengan memanfaatkan pmograman modular yang ada pada suatau program aplikasi seperti Ms. Word, Ms. Excel dan Corel Draw Perfect

Penjelasan Tentang Virus Komputer berikutnya adalah tentang tanda-tanda komputer yang terinfeksi virus. Banyak sekali indikasi yang ditimbulkan dari sebuah komputer yang terinfeksi virus. Diantara indikasi-indikasi tersebut adalah komputer bejalan lambat, sering terjadi eror, sering menampilkan pesan-pesan aneh.

Selain indikasi di atas, komputer juga sering melakukan uuto copy. Yaitu pada saat kita mencolokan flasdisk ke komputer maka secara otomatis flasdisk akan terisi oleh file-file aneh yang mencurigakan. Yang sering terjadi beberapa hari terakhir pada komputer saya adalah secara otomatis mengcopy file berupa shortcut dan menambahkan folder RYCECLER pada flasdisk yang dicolokan ke komputer. Pada folder tersebut terisi banyak sekali file exe.

Demikian Penjelasan Ahli Tentang Virus Komputer yang saya kutip dari Harian Suara Merdeka. Semoga bisa bermanfaat bagi anda yang sedang mencari referensi artikel tentang virus komputer.