Bagaimana Blog Bisa Menghasilkan Uang

Bagaimana blog bisa menghasilkan uang? Sebuah pertanyaan yang sering saya dengar dari teman-teman yang masih awam dengan dunia bisnis online atau bisnis internet. Seribu tanda tanya masih menggelayuti benak mereka, bagaimana mungkin sebuah blog yang dibuat secara gratis bisa menghasilkan uang.

Sebenarnya logikanya sangat sederhana. Blog seumpama majalah atau koran, yang membedakan di antara keduanya adalah media yang digunakan saja. Blog menggunakan media online atau internet sedangkan majalah menggunakan media cetak.

Kedua media di atas sama-sama menjual informasi. Maka semakin bagus informasi yang disampaikan kepda publik semakin bagus juga nilai sebuah blog dimata pembaca.

Lalu darimana uang diperoleh? Lihat sebuah majalah, semakin banyak bagus sirkulasi sebuah majalah (banyak pembeli dan pembaca) maka akan semakin ramai orang pasang iklan pada majalah tersebut. Dengan harapan akan ada banyak pembaca yang membaca iklan yang dipasangnya pada majalah tersebut. Semakin banyak iklan semakin besar penghasilan sebuah majalah.

Begitu juga dengan sebuah blog. Semakin besar sirkulasi semakin banyak juga orang tertarik untuk memasang iklan pada blog tersebut. Sirkulasi pada blog adalah tingkat traffic atau besarnya pengunjung pada sebuah blog. Semakin besar tarffik, semakin besar orang tertarik untuk memasang iklan pada blog anda, itu artinya semakin besar uang diperoleh dari blog.

Kemudian apa yang mempengaruhi sirkulasi atau traffik sebuah blog? Tentu saja sama dengan majalah, yaitu informasi atau konten yang berkualitas dan bermanfaat serta didukung oleh keahlian marketing. Sebab sebagus apapun sebuah blog, atau seberharga apapun sebuah informasi yang disampaikan tidak akan pernah sampai kepada publik tanpa adanya trik marketing.

Marketing sebuah blog atau internet marketing berbeda dengan marketing sebuah majalah. Dalam mempromosikan sebuah blog kita harus menguasai yang namannya ilmu SEO (Search Engine Optimization). Namun diluar itu semua kita harus menentukan dahulu bagaimana blog kita nantinya. Apa saja yang harus ditentukan sebelum kita membangun sebuah blog yang berkualitas?
  1. Tentukan target pembaca (dari negara mana, usia berapa, profesinya apa)
  2. Tentukan topik sesuai dengan target pembaca
  3. Buat desain yang menarik dan berkesan di hati pembaca, buat pembaca jatuh hati pada pandangan pertama
  4. Kemas setiap artikel dengan bahasa yang menarik sesuai dengan psikologis pembaca blog anda
  5. Kalau bisa usahakan setiap hari mempublish artikel dengan sub topik yang berbeda-beda
  6. Terus apa lagi ya?

Haha… artikelnya kok ngelantur kemana-mana ya. Nah inilah sebuah blog dan artikel yang tidak patut anda tiru. Semoga sukses dengan blog anda. Terima kasih…