Mengenal Fungsi Motherboard, Processor, Memori dan Hardisk

Mengenal Fungsi Motherboard, Processor, Memori dan Hardisk ini adalah sebuah artikel komputer yang sengaja saya buat untuk memenuhi kebutuhan para adik-adik yang baru belajar komputer di tingkat SD atau SMP. Jadi artikel ini jelas akan kurang bermanfaat untuk para teknisi komputer.

Saya sendiri baru kepikiran hari ini untuk membuat sebuah artikel komputer yang membahasa tentang fungsi komponen-komponen komputer yang meliputi fungsi Motherboard, Processor, Memori dan Hardisk, hal ini terinspirasi oleh pertanyaan beberapa pengguna komputer awam yang mempertanyakan fungsi dari komponen-komponen komputer seperti di atas pada saat membeli komputer rakitan. Oke mari kita bahasa satu persatu.

Mengenal Fungsi Motherboar
Motherboard adalah sebuah komponen komputer yang terdiri dari papan elektronik dan tertanam berbagai macam komponen-komponen elektronik, chip dan slot. Pada motherboard inilah nantinya komponen komputer lainnya seperti memori, VGA Card, Sound Card dan lain sebagainya akan tertanam. Jadi motherboar adalah induk dari semua komponen komputer, termasuk didalamnya tertanam processor. Jadi untuk mendukung kinerja sebuah komputer diperlukan motherboard yang berkualitas.

Mengenal Fungsi Processor
Processor adalah sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dari komputer yang berfungsi untuk melakukan perhitungan dan menjalankan tugas. Dari pengertian tersebut maka banyak khalayak yang menyebut processor sebagai otaknya komputer. Semakin cerdas otak sebuah komputer maka semakin cerdas juga kerja sebuah komputer. Semakin bagus sebuah processor juga akan semakin cepat komputer dalam melakukan pemorsesan data.

Mengenal Fungsi Memori
Kalau saya mengibaratkan maka memori pada komputer yang berupa kepingan ini adalah sebagai asisten dari processor. Fungsinya sebagai penyulai tenaga terhadap performen komputer. Sebab setinggi apapun kekuatan processor yang digunakan tidak akan berjalan secara efektif tanpa didukung oleh memori yang memiliki kekuatan dan kecepatan yang tinggi pula. Kekuatan dari komputer akan digunakan saat kita menjalan aplikasi-aplikasi pada komputer. Komputer seperti sekarang yang bisa menjalankan banyak aplikasi sekaligus atau multi task, maka memerlukan memori yang handal. Memori bisa disebut juga sebagai penyimpan data sementara yang kemudian akan dikirim ke penyimpanan sebenarnya yaitu hardiks.

Mengenal Fungsi Hardisk
Nah ini yang sebenarnya tempat menyimpan data hasil olehan kita pada komputer. Sementara ini ada kesimpangsiuran tentang memori dan hardisk. Para pengguna komputer awam beranggapan bahwa memorilah yang menyimpan data pada komputer. Memang antar hardisk dengan memori pada dasarnya sama-sama memori, tapi berbeda fungsi. Memori pada komputer berfungsi untuk mendukung akselerasi komputer sedangkan hardisk adalah untuk penyimpanan data pada komputer. Jadi semakin besar kapasitas hardisk yang dimiliki akan semakin banya data yang dapat kita simpan. Saat ini ukuran minimal sebuah hardisk adalah 120 GB, sebuah ukuran yang cukup untuk menyimpan banyak data film baik VCD maupun DVD.

Semoga dengan artikel komputer tentang Mengenal Fungsi Motherboard, Processor, Memori dan Hardisk bisa menambah wawasan kita tentang fungsi dari komponen-komponen komputer meskipun saya tidak bisa menjelaskan secara detail. Tapi setidaknya itulah gambara tentang fungsi komponen-komponen komputer di atas.

Ebook Teknisi Komputer Best Seller

belajar komputer

Mengenal Fungsi Motherboard, Processor, Memori dan Hardisk

Terkait Mengenal Fungsi Motherboard, Processor, Memori dan Hardisk



8 Komentar:

Sallam sahabat
Iya mas gsk betah di indonesia
Untuk pistingan mas Fadhil saya ucapin makqsih bsnget xixi karena saya baru tahu xixixi
Udah imsak mas

hemm. bagus mas. saya sendiri masih bingung mengenai perbedaan memory dan hardisk. sempat saya mengira klu memori itu tempat menyimpan data, sedang hardisk sebagi backup dari memori.. tks sudah berbagi ilmu

Poskan Komentar

Lebih indah tanpa pornografi dan lebih bijak tanpa SPAM.