Teknologi Pendamping ataukah Pengganti USB?

Kini hadir sebuah teknologi interkoneksi yang ditawarkan oleh Intel, yaitu teknologi interkoneksi kecepatan tinggi yang diberi nama Thunderbolt. Hebatnya, kecepatan transfer Thunderbolt dua kali lebih cepat daripada USB 3.0 (SuperSpeed USB). Beberapa perusahaan manufaktur perangkat sudah siap memanfaatkan Thunderbolt pada produk-produk yang akan dirilis tahun depan. Saat ini, baru Apple yang sudah menggunakan Thunderbolt pada MacBook Pro, MacBook Air, dan beberapa seri produk Apple lainnya. 

Jika dibandingkan dengn USB dan FireWire jelas Thunderbolt memiliki kecepatan beberapa kali lipat dibandingkan dengan dua teknolog tersebut. Kecepatan transfer Thunderbolt 10Gbps Coba anda bandingkan dengan USB 3.0 yang hanya mampu melakukan transfer data sebesar 5Gbps. Begitu juga jika dibandingkn dengan FireWire, Thunderbolt lebih unggul 12 kali lipat kecepatan FireWire 800 dan sampai 20 kali lebih cepat daripada USB 2.0. Thunderbolt memberikan daya 10 watt ke peranti yang tersambungkan ke port ini, sedangkan USB 3.0 hanya 4,5 watt.

Kecepatannya yang tinggi, Thunderbolt mendukung peranti penyimpanan kecepatan tinggi seperti RAID array, display HD, kotak ekspansi PCIe untuk laptop, dan aplikasi lainnya yang butuh kecepatan tinggi.

Thunderbolt mendukung dua protokol, yaitu PCI Express dan DisplayPort. Berbagai peranti yang menggunakan salah satu protokol tersebut dapat disambungkan ke port Thunderbolt. Konektor Thunderbolt memiliki saluran full-duplex, masing-masing merupakan bi-directional. Seperti juga USB, peranti Thunderbolt dapat dirangkai (daisy-chain) hingga 7 peranti.

Apakah Thunderbolt merupakan teknologi pendamping ataukah penganti USB? Sampai saat ini, USB masih tetap menjadi standar interkoneksi. Tidak hanya PC dan Laptop yang menggunakn interkoneksi USB, bahkan perangkat elektronik lainpun, menjadikan USB sebagai standar interkoneksi. Sebut saja beberapa merk TV, VCD/DVD Playet dan Organ Tunggal juga menggunakan USB sebagai interkoneksinya. Meskipun Thunderbolt memiliki kinerja dua kali daripada SuperSpeed USB (3.0), Sepertinya teknologi ini belum akan menggantikan USB. Menurut Intel, yang juga merupakan salah satu pengembang USB, Thunderblot merupakan komplemen dari USB.

Jadi kelihatannya Thunderbolt akan berdampingan dengan USB, seperti yang terdapat pada Apple MacBook Pro sekarang, minimal untuk beberapa tahun ke depan. Seterusnya? Tinggal waktu yang akan membuktikan, akankah USB bertahan? Kita lihat saja beberapa teknologi sebelumnya yang kini amblas dimakan datang teknologi baru. Disket, yang pada tahun-tahun 2009-nan masih disertakan dalam desain Casing PC, saat ini Casing PC sudah tidak lagi menyertakan slot untuk Diskdrive Disket. Hmmm…begitulah teknologi, akan selalu datang teknologi yang baru dan menenggelamkan teknologi yang lama.

Referensi : http://www.infokomputer.com/