Cara Clear CMOS dengan Mudan dan Aman

Clear CMOS dengan mudah dan aman | CMOS adalah singkatan dari Complementary metal oxide semiconductor (CMOS) adalah semacam chip semikonduktor yang menyimpan data tanpa perlu adanya sumber tenaga eksternal. Dalam sebuah personal computer (PC), CMOS berisi instruksi-instruksi mendasar yang dibutuhkan oleh komputer untuk mengenali komponen-komponen perangkat kerasnya dan melakukan boot. Setting seperti ini dikenal sebagai basic input output setting (BIOS) dan juga disebut sebagai CMOS settings.

Fungsi CMOS adalah menyimpan semua setting BIOS yang kita lakukan. Mungkin anda pernah mengalami, anda setting BIOS dengan melakukan setting pasword dengan tujuan untuk keamanan komputer anda. Namun bagaimana jika ternyata suatu saat anda lupa pasword BIOS anda dan anda ingin melakukan setting ulang terhadap BIOSnya. Clear CMOS adalah cara satu-satunya yang bisa dilakukan.

Clear CMOS adalah mengembalikan settingan CMOS/BIOS ke settingan awal atau setting pabrikan atau settingan default. Bagaiman cara melakukannya.

Clear CMOS dengan mudah dan aman. Tips ini sudah berulang kali saya lakukan dan berhasil tanpa kendala apapun. Cukup 3 langkah saja untuk mengembalikan settingan BIOS ke settingan default.
  1. Cabut baterai CMOS dari tempatnya
  2. Nyalakan CPU meski sebentar saja, maka akan muncul Setting CMOS Error Press F2/Delete to Enter Setup. Abaikan saja, itu artinya Clear CMOS sudah berhasil
  3. Sekarang pasang kembali baterai CMOS dan silakan lakukan setting ulang sesuai selera. Kalau pake pasword, ingat jangan sampai lupa lagi. Hehe…