Tips Trik Komputer Membuat Shortcut Shutdown, Logoff dan Restart

Tips dan Trik Komputer yang akan kita bahas kali ini adalah cara membuat shortcut shutdown, logoff dan restart. Tips membuat shortcut seperti ini tentu berbeda dengan membuat shortcut pada umumnya, misalkan membuat shortcut terhadap program aplikasi atau dokumen tertentu.

Emang apa manfaatnya membuat shortcut shutdown, logoff dan restart? Hmm… kalau manfaatnya sih gak begitu manfaat banget kali ya. Tapi coba kita iseng-iseng aja, biar kita juga semakin tahu akan kode-kode program yang ada di windows. Terus juga kan kalau komputer kita lain dari yang lain memiliki kesan ekslusif gitu deh. Hehehe…. Oke langsung aja ke pembahasan.

Membuat Shortcut Shutdown, Restart dan Logoff

  1. Klik kanan di desktop masing-masing, kemudian New -> Shortcut
  2. Akan muncul sebuah form, ketikkan kode sesuai shotcut yang ingin dibuat, berikut kodenya:
  3. Shortcut Shutdown : shutdown.exe -s -t 00
  4. Shortcut Logout : shutdown.exe -l -t 00
  5. Shortcut Restart : shutdown.exe -r -t 00
  6. Shortcut cancelshutdown : shutdown.exe -a -t 00
  7. Copy code yang bertext tebal, biar ga salah saya sarankan di copas aja
  8. Selanjutnya klik next, kemudian tentukan nama shortcut (misal “Matikan Komputer”, klik Finish
  9. Sekarang kita udah punya shortcut untuk shutddown, restart atau logoff. Cara menggunakannya cukup double klik pada short cut yang sudah kita buat tadi.

Penjelasan Kode-Kode :

  • Shutdown.exe(spasi)-s(spasi)-t(spasi)00.
  • 00 (nol nol)= Adalah waktu delay sebelum komputer shutdown ato restart, angka ini dapat diganti sesuai keinginan, misalnya 20, berarti kita akan menunggu 20 detik sebelum komputer mejalankan perintah.
  • L : Logoff
  • R : Restart
  • S : Shutdown
  • A : Cancel Shutdown
  • M\\computername : Shutdown komputer lain dalam jaringan. Tentu saja Anda harus mengetahui password administrator atau hak terhadap komputer yang bersangkutan
  • Txx : Waktu tunggu shutdown
  • F : Tetap shutdown walaupun masih ada program yang berjalan
  • Contoh penggunaan kode -f , misalnya Shutdown.exe -f -t 20 (artinya shutdown tetap dijalankan walaupun masih ada program yang berjalan, dan windows akan memberikan waktu tunggu selama 20 detik sebelum windows benar-benar shutdown)
Nah, mudah bukan membuat Shortcut Shutdown, Logoff dan Restart pada komputer. Sekarang kalau kita akan mematikan komputer tidak perlu lagi dari start, cukup double klik pada shortcut yang telah kita buat.

Oh ya ada stu lagi cara mematikan komputer dengan cepat tanpa menggunakan program apapun. Caranya sangat mudah, cukup anda tekan tombol Power yang ada pada keyboard, maka komputer secara otomatis akan menjalankan perintah shutdown.