Cara Memeriksa Bad Block/Bad Sector pada Harddisk

Cara Memeriksa Bad Sector pada Hardisk ini perlu saya bahas di sini. Selain untuk memperkaya pengetahuan kita tentang ilmu komputer yang berkaitan dengan teknik penanganan masalah hardisk, juga mudah-mudahan bisa menjadi pedoman para komputer mania manakala menemui masalah bad sector pada hardisk anda.

Bad Sector adalah salah satu bentuk gangguan “kesehatan” media simpan harddisk yang mungkin sering dialami oleh para pengguna komputer. Jika bad block/ bad sector terjadi di tengah cluster (sekumpulan sector) tempat menyimpan suatu data, maka pada kebanyakan kasus komputer akan menjadi hang ketika pengguna mengakses data tersebut. 

Cara perbaikan terhadap bad block atau bad sector bisa diupayakan melalui Low-level formating, terutama jika bersifat logikal, bukan yang bersifat fisikal. Namun, perlu diperhatikan, kita harus benar-benar yakin bahwa keberadaan bad block adalah tersangka utamanya tida ada hal lain yang dicurigai sebagai sumber masalah. Jika kamu menggunakan sistem operasi Windows, untuk melakukan pemeriksaan, kami ajukan alternatif software bernama Windows Surface Scanner yang dirilis oleh DTIdata. Langkah-langkahnya penggunaannya adalah sebagai berikut:

1.      Jika hardisk yang akan kamu periksa bersifat eksternal (misalnya HDD eksternal), hubungkan dulu ke komputer, setelah itu barulah jalankan Windows Surface Scanner.
2.      Hubungkan dulu hardisk yang akan diperiksa dengan klik tombol Mount.
3.      Sorot (klik untuk memilih) nama media simpan target pada kotak Physical Media List.
4.      Klik tombol Scan untuk memulai pemeriksaan. Tunggu sampai prosesnya selesai.
5.      Periksa dan cermati keberadaan bad block pada kotak Bad Block List.

Demikian cara memeriksa bad sector/ bad block pada hardisk. Sebenarnya untuk memeriksa bad sector kita juga bisa menggunakan tool dari windows yaitu scandisk atau juga bisa manggunakan DM (Disk Manager). Coba deh googling dengan kata kunci tersebut untuk bisa mengunduh aplikasinya.