Tips Memilih Hardisk Second

Tips Memilih Hardisk Second khusus diperuntukkan bagi orang-orang yang saat ini sedang mempersiapkan membeli hardisk second. Mengapa sih harus membeli hardisk second? Tentu akan banyak alasan tergantung dari indovidu yang akan membeli hardisk. Tapi ada hal yang sama dari setiap orang yang akan membeli hardisk second. Ya, kebingungan dan keragu-raguan dalam memilih hardisk yang baik dan murah.

Sudah menjadi rumus manusia, selalu menginginkan barang yang bagus tapi murah. Hardisk second saat ini banyak sekali beredar di pasaran, sehingga membingungkan orang yang akan membeli. Untuk membeli hardisk second saya sarankan membeli yang merk Seagate. Hardisk Seagate sudah terkenal memiliki performa yang bagus, suara putaran nyaris tidak ada meskipun memiliki RPM yang sangat tinggi, selain itu kecepatan transfer data juga sangat cepat. Untuk selengkapnya silakan anda baca Tips Memilih Hardisk Second di bawah ini :

1. Jangan Tergiur Harga Murah
Tidak ada gunanya anda membeli barang murah tapi kemudian menjadi sampah. Biasanya penjual akan menjual dengan harga sangat murah terhadap barang yang sudah lama tidak laku. Tidak lakunya barang tersebut bisa disebabkan karena memang kualitas jelek, merknya tidak terkenal atau mungkin sudah ada cacat fisik.

 2. Perhatikan Mereknya
Seperti saya sebutkan di atas, untuk masalah merek saya rekomendasikan merk Seagate, tapi kalau anda akan memilik merk lain perhatikan dengan seksama apakah merk tersebut banyak yang menggunakan atau tidak. Tahukah Anda? Masih ada saja perusahaan atau vendor harddisk yang sudah bangkrut, tapi produknya masih beredar bebas dan diperjual-belika. Misalnya; Conner sudah tidak ada lagi,tapi merek ini masih beredar di pasaran.  

3. Lihat Kondisi Hardisk
Anda perhatikan dengan seksama kondisi hardisk. Teliti apakah ada chip atau IC yang terbakar atau tidak. Coba anda goyang-goyangkan hardisk di dekat telinga anda. Kalau ada bunyi klotak-klotak seperti ada benda yang bergerak di dalamnya lebih jangan dibeli atau jangan dipilih. 

3. Lihat Antar Muka yang Digunakan
Antar muka hardisk saat ini ada dua yaitu SATA dan PATA. Sesuaikan dengan motherboard anda. Sukur-sukur motherboard adan mendukung keduanya, jadi tidak bingung lagi dalam memilih hardisk.

5. Perhatikan Kapasistas HDD
Kapasitas hardisk sangat perlu diperhatikan. Sesuaikan dengan kebutuhan anda. Saran saya kalau anda mebutuhkan hardisk dengan kapasitas di atas 250 GB lebih baik jangan beli yang second, beli aja yang baru. Karena selisih harga tidak seberapa. Selain itu juga sesuaikan dengan sistem operasi yang akan digunakan dan untuk penyimpanan apa hardisk nantinya. Jangan sampai anda membeli hardisk yang minim, kemudian dipasang istem operasi windows 7 misalnya, langsung habis dimakan sistem operasi, nah untuk penyimpanan data bingung deh.

6. Jangan Percaya Omongan Tentang Kecepatan
Maximum transfer rate, jangan percaya begitu saja terhadap slogan ini. Angka kecepatan bisanya diperoleh dari kecepatan transfer antar memori komputer dengan cache harddisk, sedangkan untuk mengetahui angka yang lebih baik adalah sustained transfer rate, karena menunjukkan kecepatan transfer sesungguhnya antara harddisk dan memori komputer. Cara yang terbaik untuk mengetahui kecepatannya adalah mencoba perintah baca dan tulis yang sesungguhnya.
 
7. Perhatikan RPM atau Putarannya
Loading data yang cepat, meruapakan salah satu bukti bahwa harddisk Anda mempunyai angka Rpm (rotasi per menit) yang tinggi atau besar. Misalnya; harddsik denga 7200 Rpm akan banyak permintaannya untuk processor yang cepat atau untuk aplikasi game atau grafis.
 
8. Check dengan Utility HDD
Tentulah sangat urgent jika yang kita bahas itu tentang pemeriksaan dengan utiliti terhadap kondisi harddisk yang sesungguhnya, yaitu untuk mengetahui apakah harddisk tersebut terdapat bad sector atau tidak. Pertama, terlebihdahulu menggunakan Fdisk, kemudian Anda format harddisk tersebut, setelah itu lakukan pemeriksaan area cylinder menggunakan perintah Scandisk. Namun, Anda dapat juga menggunakan utiliti yang lebih baik, yaitu menggunakan Disk Manager.

Oke, demikianlah Tips Memilih Hardisk Second. Selamat berburu semoga mendapatkan hardisk yang cocok, baik dan murah.