Tips Menghitung Bandwidth Internet yang Kita Gunakan

Tips Menghitung Bandwidth Internet yang Kita Gunakan ini meungkin akan berguna sekali bagi anda yang memakai koneksi internet non unlimited.Sekarang ini banyak provider yang menawarkan koneksi internet dengan cara paketan. Contoh Rp. 1000/20MB. Itu artinya anda bisa menggunakan koneksi internet sebanyak 20 MB dengan harga Rp. 1000. Setelah anda menghabiskan 20 MB,  maka akan anda akan dibebani biaya tambahan.

Apapun jenis koneksi anda, tentu tidak ingin kita kecolongan. Untuk itu ada baiknya kalau kita menghitung berapa bandwidth yang sudah digunakan.

Untuk melakukan penghitungan bandwidth yang sudah digunakan sebenarnya sangat mudah. Coba anda lihat icon LAN pada sis tray. Klik pada icon tersebut, maka akan muncul conection status lihat pada bagian activity. Di situ ada rincian Sent dan Received yang menunjukkan berapa byte data yang sudah kita gunakan. Tinggal anda menjumlahkan keduanya. Catatan : 2 MB = 20 juta byte. 
 
Namun jika anda ingin sesuatu yang lebih mudah dan lebih lengkap, maka anda bisa menggunakan software Net Metter, yang akan membuat anda dengan mudah mengelola brandwidth. Cukup instlal dan biarkan berjalan dengan sendirinya. Saat anda terhubung dengan internet maka anda akan melihat jendela dengan grafik yang bergerak, mirip seperti grafik pergerakan pasar modal (seperti Marketiva).

Lalu apa lagi yang bisa anda dapatkan dengan software penghitung bandwidth ini?
  • Ada fasilitas pencatat penggunaan setiap hari, minggu dan bulan
  • Software ringan sehingga tidak menggangu kinerja anda, bisa anda kecilkan sehingga ramping
  • Stopwatch untuk mengukur kecepatan koneksi anda.
  • Anda bisa mengatur jenis koneksi seperti apa yang ingin anda catat, Modem, Lan, Wifi atau yang lainnya.
  • Anda bisa mengatur tampilan dan beberapa pengaturan lainya pada menu Option dan,
  • masing banyak yang lainnya silahkan anda mencobanya sendiri
Software ini akan sangat membantu anda bagi yang terhubungan dengan internet yang menggunakan perhitungan volume base, atau sekedar untuk memantau seberapa besar interaksi anda dengan internet yang diwakili oleh besarnya brandwitdh yang anda gunakan.

Download
Download pada situs pembuatnya : Net Meter di www.hootech.com/NetMeter