Mari Mengenal Bagian-Bagian Laptop

Mari Mengenal Bagian-Bagian Laptop – Sahabat Ilmu Komputer, pasa seson kali ini saya akan mengajak sobat untuk mengenal bagian-bagian laptop. Tentu sobat pelajar, mahasiswa atau praktisi komputer sudah tidak asing lagi dengan barang yang satu ini. Ya, laptop adalah komputer jinjing yang bersifat portable (mudah dibawa kemana-mana).

Bagi sobat yang saat ini sedang menempuh belajar ilmu teknisi komputer tentu pengenalan bagian-bagian laptop merupakan salah satu mteri dasar untuk berlanjut ke tingkat berikutnya yaitu penanganan komputer yang bermasalah. Nah, saya tidak akan mengkaji lebih dalam tentang bagaimana menangani troubel pada laptop, tapi hanya berorientasi pada pengenalan bagian-bagian laptop terlebih dahulu.

Mengenal Bagian-Bagian Laptop :
1.      Power AC/DC Adapter
Yaitu sebuah perangkat pada laptop yang berfungsi untuk menurnkan daya, mengubah arus listrik AC menjadi DC. Fungsi utama dari perangkat ini adalah untuk melakukan charging (pengisian) terhadap baterai laptop. Fungsinya sama dengan adapter pada HP.
2.      Baterai Laptop
Baterai laptop adalah perangkat yang berfungsi menampung daya listrik untuk kemudian digunakan oleh laptop saat laptop tidak tehubung ke steker listrik. Fungsinya sama dengan baterai pada HP.
3.      Motherboard Laptop
Motherboard atau induk papan adalah sebuah papan circuit utama yang terdapat pada sebuah laptop. Pada PC desktop juga terdapat motherboard yang berfungsi untuk menanamkan hardware-hardware lainnya. Perbedaannya adalah, motherboard laptop didesain secara spesifik sesuai dengan merk dan model masing-masing laptop. Jadi, sebuah motherborad dari laptop merk yang satu tidak akan bisa dipindah ke laptop merk yang lain.
4.      CMOS Baterai
Baterai CMOS atau disebut juga RTC Bterai adalah sebua baterai yang terhubung langsung dengan sistem boar laptop atau PC. Berfungsi untuk mempertahankan setting BIOS sebuah motherboard.
5.      Keybord Laptop
Nah kalau perangkat yang satu ini gak susah untuk mengenalinya. Ini adalah papan ketik yang terdiri dari tombol-tombol abjad, angka, dan fungsi.
6.      Processor Laptop
Processor laptop adalah otak dari sebuah laptop. Sama dengan PC Desktop, processor pada laptop juga dibedakan berdasarkan merek, model dan kecepatan.
7.      CPU Cooling Fan
Yaitu sebuah kipas kecil yang tertanam pada board laptop dan berfungsi untuk mengedalikan sushu dari sebuah processor.
8.      Memory RAM
RAM atau Randeom Acces Memory adalah sebuah memori yang terdapat pada laptop dan fungsi yang berfungsi untuk melakukan penyimpanan data sementara yang kemudian akan disimpan dalam tempat penyimpanan permanen yaitu hard drive. Selain itu juga berfungsi untuk meningkatkan kinerja sebuah laptop atau PC.
9.      Hard Drive
Yaitu hardware yang berfungsi menampung data-data pada laptop atau PC. Baik itu data sistem dan aplikasi maupun data file.
10.  Graphic Card atau Video Card
Ini salah komponen atau hardware yang berfungsi menterjemahkan bahasa komputer ke dalam bentuk gambar yang ditampilkan pada sebuah screen (layar). Sehingga dapat dengan mudah dibaca oleh manusia.

Demikian pengenalan kita tentang bagian-bagian laptop. Tentu penjelasan di atas tidaklah lengkap. Selain penjelasan di atas kurang lengkap, ada juga komponen-komponen lainnya yang belum saya jelaskan. Diantaranya yaitu :
1.      CD/DVD Laptop
2.      Soun Card atau Audio Card
3.      Wireles Card
4.      LCD Scrreen
5.      Screen Inverter Bord
6.      Screen Bcklight Lamp
7.      LCD Screen Cable
8.      Display Hinges
9.      Web Camera

Mudah-mudahan saya bisa melengkapinya dalam artikel selanjutnya, masih dalam mengenal bagian-bagian laptop. Tapi apabila sobat ingin mendapatkan secara lengkap tentang penjelasan di atas, dapatkan buku-bukunya di http://u3ewk.cjb.net/ tidak hanya pembahasan tentang mengenal bagian-bagian laptop tapi juga memberikan panduan bagaimana cara memperbaiki atau servis laptop secara mendetail. Dilengkapi dengan video tutorial juga. Semoga bermanfaat.

Ebook Teknisi Komputer Best Seller

belajar komputer

Mari Mengenal Bagian-Bagian Laptop

Terkait Mari Mengenal Bagian-Bagian Laptop



0 Komentar:

Poskan Komentar

Lebih indah tanpa pornografi dan lebih bijak tanpa SPAM.