Tips Servis Komputer Paling Sederhana

Tips Servis Komputer Paling Sederhana - Memberikan sebuah gambaran bagaimana sederhana dan mudahnya cara meraparasi atau servis komputer. Di sini akan saya beberkan beberpa hal penting dalam melakukan servis komputer secara mandiri. Sehingga untuk mengangani servis komputer tidak perlu lagi datang ke tukang servis atau bengkel komputer. Cukup anda tangani sendiri. Dengan demikian anda sudah menghemat biaya, menghemat waktu dan yang paling penting ilmu dan pengalaman anda akan bertambah.

Hal pertama yang perlu kita sediakan untuk melakukan servis komputer secara mandiri adalah :
1. Obeng plus dan minus
2. Alas kaki (untuk menghindari sengatan lisrik akibat ground)
3. Software sistem operasi dan aplikasi
4. Cadangan hardware

Setelah mempersiapkan segalanya, baru kita kenali apa kerusakan yang terjadi pada komputer kita. Dua kemungkinan yang pasti terjadi pada komputer kita. Yaitu kerusakan pada hardware atau software. 

Kerusakan pada software akan lebih mudah ditangani, sebab kita tidak perlu lagi melakukan trik-trik elektronik untuk memperbaikinya. Kalau kerusakan tidak terlalu parah, maka kita bisa menggunakan tool system repaire yang bisa anda dapatkan dengan gratis di blog ini. Anda bisa mencoba beberapa tool di bawah ini untuk melakukan servis software secara otomatis : 
1. Norton Utilities (Download)
2. TunUp Utilities 2012 (Download)
Selain kedua software di atas masih banyak lagi software-software lain yang bisa anda gunakan untuk memperbaiki sistem operasi windows. Semua bisa anda dapatkan gratis di blog ini. Silakan anda cari di daftar isi blog ini, atau lakukan pencarian melalui form pencarian yang tersedia di atas.

Apabila kerusakan sudah sangat parah, misal windows sudah tidak bisa terbukan lagi baik melalui boot normal maupun melalui safe mode, maka jalan keluarnya adalah melakukan install ulang. Untuk melakukan install ulang tentu anda membutuhkan CD/DVD sistem operasi dan CD/DVD-ROM. 

Tips Servis Komputer Menganalisa Kerusakan Pada Hardware

Untuk melakukan analisa kerusakan hardware sebenarnya sangat mudah. Komputer sendiri sudah dilengkapi dengan indikator-indikator untuk menganalisa kerusakan apa yang terjadi pada komputer anda. Cara mudahnya yaitu dengan menganalisa bunyi beep komputer.

Cara manual untuk menentukan hardware mana yang rusak adalah dengan cara mencopot dan mengganti satu persatu hardware. Yang biasa sering terjadi kerusakan adalah pada VGA Add On, Sound Card Add On, dan Memori. Sebelum anda mematikan apakah hardware-hardware tersebut sudah tidak berfungsi dan perlu diganti ada baiknya anda lakukan sedikit usaha terlebih dahulu. Yaitu dengan cara mengangkat VGA, Sound Card dan Memori kemudian membersihkan kakinya dengan menggunakan penghapus pensil. Setelah bersih kemudia anda pasang kembali. Kalau lagi mujur, denggan cara ini saja hardware anda akan berfungsi secara normal kembali.

Tips Servis Komputer Paling Sederhana - Nah, benar-benar sederhana bukan. Simpel dan tidak ribet. Siapa saja anda bisa melakukannya. Paling tidak ini bisa dilakukan secara darurat. Misalnya komputer anda sedang diperlukan sekali tapi kemudian tiba-tiba mengalami error dan untuk ke tukang servis membutuhkan waktu lama, maka anda bisa menanganinya sendiri.

Semoga tips servis komputer paling sederhana ini bisa membantu anda menyelesaikan segalama trouble pada komputer anda. Dan tentunya diharapkan anda bisa melakukan servis komputer secara mandiri. 

Selamat ngoperk!!!