Membuat Virtual CD Menggunakan Nero Image Drive

Membuat Virtual CD? Ada banyak software yang bisa kita gunakan untuk membuat virtual CD. Kalau selama ini kita mengenal yang namanya software Virtual CD Daemon, maka untuk kali ini saya akan menggunakan sebuah software bawaan Ahead Nero, yaitu Nero Image Drive.

Sebelum kita lanjutkan pembahasan kita, mungkin ada yang belum tahu apa itu virtual CD. Saya jelaska dulu deh.

Virtual CD adalah CD Drive Maya atau CD Bayangan. Nampak seolah-olah CD Drive biasa, tapi sebenarnya tidak ada CD-ROM secara fisik. Oke, sekarang kita lanjutkan bagaimana cara membuat virtual CD menggunakan nero image drive.

1.      Bukan program nero, kemudian klik Application (menu sebelah kiri) untuk memunculkan aplikasi yang dimiliki oleh nero.
2.      Klik Nero ImageDrive
3.      Dalam pilihan Option ada dua pilihan yaitu First Drive dan Second Drive. Untuk mengaktifkannya, klik atau ceklist Enable Drive. Klik OK.
4.      Nah sekarang lihat di Windows Explorer, apakah sudah ada tambahan CD-ROM Drive. Kalau sudah ada berarti sudah sukses.

Cara di atas baru tahapan kita membuat virtual drive. Lalau bagaimana agar drive maya tersebut bisa digunakan.
1.      Buat dulu image CD dengan cara Copy CD, kemudian pada destionation drive pilih Image Recorder. Simpan image CD kamu misalnya di My Documen dengan nama Image CD.
2.      Sekarang buka Aplikasi Nero ImageDrive lagi. Klik menu First Drive, Kemudian pada isi kolom Image dengan Image CD yang telah kita buat tadi yang kita simpan pada My Document dengan nama Image CD. Klik OK.

Nah selesai, sekarang virtual CD yang kita buat sudah bisa kita gunakan untuk Play CD, Main Game dan lain sebagainya layaknya CD-ROM biasa.

Demikian tutorial cara membuat virtual CD dengan menggunakan Nero ImageDrive. Semoga bermanfaat.