Cara Memproteksi Rumus Pada Microsoft Excel

Cara Memproteksi Rumus Pada Microsoft Excel – Inilah yang saya janjikan pada artikel sebelumnya Membuat Aplikasi Trial Menggunakan Microsoft Excel. Yang dimaksud aplikasi trial di sini adalah membatasi penggunaan sebuah rumus dengan tenggang waktu tertentu. Biar lebih jelas, lebih baik silakan buka aja deh tulisan saya sebelumnya tersebut.

Tujuan dari meproteksi sebuah rumus atau formula adalah agar rumus atau formula tersebut tidak mudah untuk dirubah ataupun dicontek oleh orang lain. Tentu hal ini juga untuk memperkuat rumus trial yang telah kita buat. Tentu sangat percua kan, kita membuat rumus trial tapi kemudian rumus tersebut bisa diotak-atik dengan bebas.

Agar pada materi ini kita bisa langsung mempraktikkan pada sebuah rumus yang akan kita proteksi. Silakan anda bukan dulu artikel saya tentang membuat aplikasi trial menggunakan microsoft excel. Oke mari langsung kita praktikkan.

Cara Memproteksi Rumus Pada Microsoft Excel
1.      Hilangkan dulu semua protect pada worhsheet. Blok dulu semua sel (Crtl + A). Klik Format – Format Cell (Ctrl + 1). Klik menu Protection. Hilangkn ceklis pada Protect dan Hiden. Klik OK.
2.      Sekarang blok rumus yang akan kita proteksi. Klik Format Cell kembali (Ctrl + 1) Klik menu Protection. Ceklis pada Protect dan Hiden (untuk memproteksi sekaligus menghiden rumus agar tidak tampil pada formula bar). Klik OK.
3.      Klik Tools, Klik Protection, Klik Protect Sheet. Ketikan pasword pada kolom Password to unprotect sheet. Ceklis pilihan Select Locked Cell, Select Unlocked Cell, Format Cell. Klik OK.

Dengan demikian selesai sudah kita memproteksi rumus pada microsoft excel. Dengan demikian rumus tidak akan tampil pada formula bar, tidak akan bisa diedit dan fotmat cell juga tidak aktif.

Ebook Teknisi Komputer Best Seller

belajar komputer

Cara Memproteksi Rumus Pada Microsoft Excel

Terkait Cara Memproteksi Rumus Pada Microsoft Excel



1 Komentar:

salam kenal mas.. saya juga menulis artikel yang sama di blog saya... sukses selalu..

Poskan Komentar

Lebih indah tanpa pornografi dan lebih bijak tanpa SPAM.