Cara Mematikan Fitur Auto Update Windows 7

Fitur Auto Update adalah sebuah fitur pada windows yang berfungsi melakukan update otomatis ketika komputer terhubung ke internet. Automatic Update atau update otomatis bagi sebagian orang termasuk saya sangat mengganggu. Berikut beberapa hal buruk yang diakibatkan oleh fitur auto update :

1.      Ruang hardisk semakin lama semakin sempit
2.      Kinerja komputer makin lama makin lambat
3.      Ketika mematikan komputer setelah online harus menunggu lama, disebabkan sistem operasi menginstal secara otomatis hasil downloadan updatenya.
4.      Apabila proses instalasi otomatis dihentikan, komputer akan mengalami gangguan
5.      Kalau anda memakai windows bajakan, siap-siap aja komputer anda mati mendadak. Hehehe….
Itu adalah beberapa kerugian karena mengaftifkan fitur auto update pada windows 7. Lalu bagaimana cara mematikan fitur auto update windows 7? Berikut langkah-langkah yang bisa anda tempuh untuk mematikan automatic update windows 7. 

1.      Buka jendela Windows Update dengan mengklik Start » All Programs »: Windows Update. Atau juga bisa dengan cara membuka jendela Windows Update melalui jendela Control Panel. Pada Contorl Panel klik System and Security.
2.      Setelah itu, di jendela selanjutnya, klik Windows Update
3.      Pada jendela Windows Update, klik Change Setting disebelah kiri jendela.
4.      Selanjutnya di jendela setting, pilih salah satu pengaturan yang Anda inginkan melalui dropdown box yang disediakan. Anda mempunyai 4 (empat) pilihan disana, yaitu:
  • Install update automatically (recommended). Pilihan ini akan mengatur Windows agar mendownload dan menginstall update secara otomatis. Dengan kata lain, jika Anda memilih opsi ini maka Automatic Update masih tetap aktif. Jadi karena tujuan kita adalah mematikan Automatic Update, maka pilih ini tidak usah Anda pilih.
  • Download update but let me choose whether to install them. Opsi ini akan mengatur Windows agar mendownload update secara otomatis, namun tidak akan menginstallnya secara otomatis. Anda bisa saja menginstall update tersebut ataupun tidak.
  • Check for update but let me choose whether to download and install them. Opsi ini akan mengatur Windows agar hanya memeriksa update, namun tidak mendownload dan menginstall update tersebut. Jadi Anda hanya akan mendapat notifikasi tentang update yang ada. Anda bisa mendownload ataupun menginstallnya sesuai dengan keinginan Anda.
  • Never check for update (not recommended). Opsi ini akan mematikan Automatic Update secara penuh. Windows tidak akan memeriksa update yang ada ataupun mendownload dan menginstall update tersebut.
Dibawah dropdown box tadi, Anda akan melihat 2 buah check box. Checkbox yang pertama bertuliskan Give me recommended update the same way I receive important updates. Pilihan ini berfungsi untuk memberikan update yang direkomendasikan oleh Microsoft. Namun buka important update. Opsi hanya berpengaruh jika Anda memilih opsi 1, 2 dan 3 pada langkah ke 4 tadi.Sedangkan checkbox yang kedua (Allow all users to install updates on this computer) berfungsi untuk memberikan ijin kepada user lain baik yang berstatus adminstrator atau bukan untuk menginstall update. Berikan tanda cek (rumput) jika Anda memeberikan ijin kepada user lain untuk mengisntall update.

Nah itu adalah keterangan dari masing-masing pilihan yang terdapat pada opsi automatic updae windows 7. Tentu anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan anda. Kalau anda tidak menginginkan dibuat pusing dengan fitur auto update ini, saya sarankan pilih opsi nomor 4 saja. Fitur auto update akan mati total. Setelah selesai melakukan pengaturan klik OK untuk menyimpan pengaturan tadi.
Nah itu adalah cara mematikan fitur auto update windows 7, semoga bisa bermnafaat untuk para pembaca setia blog Fadhil Galery ini. Blog ini ada karena anda, maka masukan-masukan dari anda sangat berarti bagi saya. Terima kasih….

Ebook Teknisi Komputer Best Seller

belajar komputer

Cara Mematikan Fitur Auto Update Windows 7

Terkait Cara Mematikan Fitur Auto Update Windows 7



22 Komentar:

Kalau saya menggunakan user limited, maka tidak bisa disimpan dengan baik. Gunakan user Administrator serta password (untuk menjaga keamanan Administrator dengan benar) untuk menyimpannya.

Dulu saya pernah pake yang bajakan trus lupa matiin auto install yah akhirnya kedeteksi juga deh bajakannya. sejak itu ga lagi ane aktifin fitur auto update itu. bikin berat komp juga bener... :D

thanks. info ini sangat bermnfaat!

nice tips gan,...

ada gunanya juga ini didisable, selain untuk mencegah windows kita ketahuan bajakan, jg utk mencegah reboot otomatis pd komp :-)

makasih ya gan, bermanfaat buat saya. ganggu banget setiap di shut down sama booting lama banget....

sangat bermanfaat gan
mksh:D

TAMBAHAN - Mengubah Windows 7 menjadi bahasa Indonesia
http://adf.ly/At4mj

akan saya coba saranya gan ,kebetulan windows saya minta upgrad...thank.....

terimakasih ,, bener2 mengganggu tu ,,ngapain update2 tetek bengek,, thank gan mampir di ane juga yah,, joe-biever.blogspot.com

klik atart,=> all prog,=> automatic update

automatic updatenya gk ada

@oan madonsa
Maaf jeng, maksudnya Windows Upadate, sudah saya perbaikit. hehehe

Terima kasih infonya

thank gan infonya berguna banget..sukes!

makasih gan tips nya,maklum baru beli laptop jadi belum begitu faham tentang laptop..
apalagi saya memakai modem smartfren yang lemot,tambah lagi download WINDOWS UPDATE jadi tambah lemot/lelet dah...
thanks gan,jadi ane inet gk lelet lagi gara2 si windows update...

(>.<")

@ilman Boykerzzsettiaa
makasih kembali mas ilman sudah berkunjung dan membaca artikel-artikel saya, senang kalau bisa bermanfaat

thx gaaaan infonya. akhirnya auto update bsa mati jga, panik ane, beruntuk belum kedeteksi, padahal udah stgh hri ini updatenya...

@Anonim
terima kasih kembali, senang kalau ini bisa memberikan manfaat

you rock gaaaan.....tapi dari keempat pilihan tadi bagusan mana yakkk

efeknya parah banget boz .. laptop jadi makin lambat.
Ane telat liat tutor dari agan. Tp thanks bgt y infonya . . :)

thanks banget infonya,,,,
bermanfaat banget...

Poskan Komentar

Lebih indah tanpa pornografi dan lebih bijak tanpa SPAM.