Cara Mengecek Kesehatan Hardisk

Cek kesehatan hardisk komputer anda. Sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Kerusakan pada hardisk bisa mengakibatkan rusaknya data atau bahkan hilang. Jadi sebelum terjadi kehilangan data-data penting anda, ada baiknya anda cek sekarang masih pantaskah hardisk anda bekerja. Kalau sudah tidak pantas, ada baiknya segera pensiunkan dan ganti dengan hardisk baru.

Bagaimana cara megecek kesehatan hardisk? Susah gak sih? Sama sekali tidak susah. Anda yang awam tentang ilmu teknisi komputerpun bisa melakukannya sendiri. Tentu dengan bantuan sebuah software.

Softwae untuk mengecek kesehatan hardisk denan cepat. Ya, ini adalah sebuah software untuk megecek kesehatan hardisk. Nama softwarenya adalah CrystalDiskInfo 4.6.2. Ukurannya sangat kecil dan bersifat portable. Yaitu tidak perlu diinstall. Tinggal anada download di sini, kemudian anda ekstrak menggunakan winrar, jalankan file DiskInfo.Exe.

Berikut saya tampilkan gambar hasil screen shoot yang saya lakukan ketika mengecek hardisk milik saya. Ternyata sudah diambang Cution/ Perhatian. Suhu atau temperatur dari hardisk saya mencapai 51 derajat celcius. Tentu ini sudah diatas ambang aman.

Namun validkah informasi yang disampaikan oleh software ini? Kalau menurut saya sih, mendekati valid. Temperatur HDD saya memang panas, apalagi saya menggunakan processor Intel D yang memang terkenal panasnya. Pasa saya rabapun, HDD emang terasa panas. Apa saya langsung mengganti HDD saya? Ah entar aja deh. Hehehehe.....