Menu Stats Pada Dasboard Blogger

Anda pengguna blogger? Sudah tahu kan kalau blogger merombak tampilan dasboardnya. Tidak hanya merubah tata letak dan menu-menu, tapi juga menambahkan fitur-fitur baru.

Menu utama yang dahulu dipasang secara horizontal di atas, sekarang dipindah ke kiri secara vertikal. Tidak hanya itu, ternyata blogger juga menambahkan satu fitur baru, yaitu fitur stats.

Stats atau statistik adalah fitur yang menampilkan statistik blog yang kita miliki. Fitur ini akan menampilkan artikel yang paling banyak diklik, keyword yang paling banyak dicari, sumber traffic, dan siapa audien blog kita.

Sebelum blogger manambahkan fitur ini pada blogger dasboard, kita bisa mengaksesnya melalui Google Analytics. Itu juga tidak bisa langsung melihat statistik blog kita, terlebih dahulu kita harus melakukan registrasi blog yang akan kita analisis, kemudian memasang scriptnya pada kode html blog kita.

Nah, dengan blogger menambahkan fitur ini ke dasboardnya, maka kita semakin mudah dalam melakukan analisis terhadap blog kita. Kita bisa dengan mudah membaca atau mengetahui artikel apa yang terlaris, keyword apa yang disukai oleh para pencari informasi di internet, dan kita juga bisa mengetahui siapa audien kita. Dengan demikian kita bisa menentukan langkah selanjutnya agar kita bisa lebih meningkatkan kualitas blog kita, sehingga para pengunjung akan semakin betah berkunjung ke blog yang kita kelola.

Seperti apa sih menu stats pada dasboard blogger. Silakan lihat secara langsung aja. Caranya silakan login ke akun  blog anda. Kemudian klik menu setting, pada blog yang akan kita lihat statistiknya. Sekarang lihat menu yang ada sebelah kiri, disitu ada menu stats, silakan kilik. Maka akan muncul 3 menu berikutnya (Overview, Post, Traffic Source dan Audience).

Menu Overview akan menampilkan informasi tentang Artikel Populer, Page View, dan Traffic Source secara singkat.


Menu Post akan menampilkan artikel populer secara lebih detail.

Traffic Source atau menu sumber traffic akan menampilkan darimana para pengunjung menemukan blog kita. Apakah dari mesin pencari atau dari yang lainnya. Dengan demikian kita bisa mengukur seberapa keberhasilan menerapkan ilmu SEO pada blog kita.


Audience, menu ini akan menampilkan siapa para pembaca atau pengunjung blog kita. Namun statistik hanya menampilkan dengan mesin apa pengunjung mendatangi blog kita. Dengan komputer atau perangkat mobile seperti HP. Sistem operasi yang digunakan serta browser yang digunakan untuk menjelajah blog kita.

Nah sangat komplit bukan. Saya sebagai pengguna blogger, semakin betah aja untuk tetap menggunakan blogger. Bagaimana dengan anda?