Sejarah Laptop dan Perkembangannya

Sejarah Laptop dan Perkembangannya - Laptop adalah komputer pribadi yang portable atau mduah dibawa kemana-mana. Nama laptop itu sendiri diambil dari cara orang menggunakan komputer pribadi ini. Dahulu komputer pribadi ini sering digunakan diatas pangkuan, maka kemudian diberi nama Lap Top = Atas Pangkuan.

Laptop mulai menjadi pembicaraan serius dikalangan para produsen dan desain PC pada awal 1070-an, ketik komputer pribadi yang portable diangkat ke perumukaan. Sebuah “personel, portable information manipulator” yang dibayangkan oleh Alan Key di Xerox PARC pada tahun 1985, dan dijelaskan pada tahun 1972 dalam makalahnya yaitu “Dynabook”.

Proyek IMB SCAMP (bukan SCAM penipu internet lho) yaitu Special Computer APL Machine Portable telah didemonstrasikan pada tahun 1973. Prototipe ini didasarkan pada processor PALM (Put All Logic In Microcode). IBM 5100, komputer portable pertama yang tersedia secara komersial, muncul pada bulan September 1975, dan didasarkan pada prototipe SCAMP.

Komputer portbale yang memiliki mesin CPU 8 bit ini kemudian diterima secara luas dan jumlahnya semakin menintkat. Osborne 1, yang dirilis pada tahun 1981, menggunakan zilog Z80 dan beratnya 10,7kg (wow laptop jaman dulu berat banget ya) itupun belum termasuk baterai. Layar CRT hanya 5 Inch atau 13 cm, dan menggunakan  5,26 inci single density floppy drive. Pada tahun yang sama komputer laptop berukuran portable pertama, Epson HX 20, diumumkan. Epson memiliki layar LCD, baterai isi ulang, dan sebuah printer kalkulator ukuran 1,6 kg.

Laptop pertama yang menggunakan flip form factor muncul pada awal tahun 1980-an. Magnum Dulmont dirilis di Australia pada tahun 1981 – 1982 tapi dipasarkan secara global sampai pada tahun 1984 – 1985.

Beberapa CPU yang digunakan antaranya adalah Inter 1990 i386SL, dirancang untuk menggunakan daya minimum untuk meningkatkan dataya hidup baterai komputer portable, dan didukung oleh manajemen daya dinamis sepert Intel SpeedStep dan AMD PowerNow dalam beberapa desain.

Perkmebngan teknologi komputer telah banyak membawa perubahan pada komputer portable atau laptop ini. Desain yang semakin ramping, bobot yang semakin ringan dan kemampuan menghemat daya menjadi bagian terpenting dalam perkembangan laptop berikutnya.

Laptop yang seperti kita lihat saat ini memiliki desai yang sangt tipis, bobot yang sangat ringan, tampilan layar yang besar serta kemampuan kiner yang super canggih ditambah  lagi kemampuan hardisk dalam menyimpan data yang lebih banyak. Maka kemudian penggunaan laptop pun menjadi sebuah tren baru ditengah-tengah pengguna PC.

Berbagai varian dan merk pun muncul sebagai pilihan dari para pengguna komputer portable. Saat ini muncul yang namanya netbook. Istilah ini terkadang rancu ketika disandingkan dengan istilah notebook. Netbook sebenarnya salah satu varian dari notebook atau laptop yang dikhususkan untuk para pengguna PC yang memiliki mobilitas tinggi. Dengan netbook mereka bisa menggunakan aplikasi kantor dan terhubung ke internet kapan saja dan dimana saja tanpa harus membawa laptop yang lebih berat.

Nah itu adalah sejarah laptop dan perkembangannya. Sebagaian besar isi artikel ini saya cuplik dari Ebook Panduan Teknisi Laptop yang diterbitkan oleh Qbon Media Group. Isi lengkap dari ebook tersebut adalah tutorial cara servis laptop dari berbagai merek antar lain :
1. Cara servis laptop Acer
2. Cara servis laptop ASUS
3. Cara servis laptop Compaq
4. Cara servis laptop Dell
5. Cara servis laptop Lenovo
6. Cara servis laptop Sony
7. Cara servis laptop Toshiba

Anda ingin memiliki ebook tersebut. Dapatkan dalam paket super komplit dan murah hanya di Qbonk Media Group. Untuk melakukan pemesanan klik Di Sini.

Ebook Teknisi Komputer Best Seller

belajar komputer

Sejarah Laptop dan Perkembangannya

Terkait Sejarah Laptop dan Perkembangannya



5 Komentar:

wah, Dah lama juga laptop? sejak 1980an...saat saya belum ngerti apa2 tuh

waktu sma pernah bikin nih tugas tik tentang perkembangan komputer,,hebat sekali ya tekhnologi sekarng,,
thanks buat infonya

memang sangat canggih teknologi skrang ,,

good luck !!!!!!!

duh kapan ya saya punya laptop........

terima kasih gan informasi nya

jangan lupa juga kunjungi situs kami juga di

http://stisitelkom.ac.id

Poskan Komentar

Lebih indah tanpa pornografi dan lebih bijak tanpa SPAM.