5 Hal Penting Dalam Membuat Blog

Membuat blog adalah hal yang  sangat mudah dikerjakan meskipun anda sebagai seorang pemula. Hanya dalam waktu 5 – 10 menti saja anda sudah bisa membuat blog sendiri. Media yang sangat populer untuk membuat blog saat ini adalah Wordpress dan Blogger.

Namun pengelolaan blog tidak semuah cara membuatnya. Apalagi kalau blog tersebut dibuat dengan tujuan untuk menjual secara online atau bisnis online. Ada hal-hal detail yang perlu kita perhatikan sebelum kita membuat blog untuk bisnis online. Apa saja itu?

Inilah 5 Hal Penting Dalam Membuat Blog Professional
1. Nama Domain
Nama domain adalah alamat pembeda antara situs/web/blog yang satu dengan yang lain. Nama domain sangat berpengaruh dalam optimasi penjualan sebuah produk secara online. Antara produk yang akan kita jual dengan nama domain harus matching. Tentu sangat tidak elegan kalau kita mau jualan kopi kemudian kita beri nama domain susu.

2. Title atau Judul Blog
Title atau judul blog adalah identitas dari sebuah blog yang kita miliki yang biasanya akan terletak pada header. Dengan melihat title atau judul blog maka orang bisa mengira-ngira konten apa yang terkandung di dalamnya. Makanya antara title dengan nama domain juga harus matching. Contoh domain kita adalah www.kopi.com maka kita buat judul blog Kopi Enak Asli Nusantara atau Kopi Enak Asli Indonesia atau terserah pada kreasi anda.

3. Meta Keyword Blog
Keyword atau kata kunci ibarat sebuah rangka dari sebuah karangan yang aka kita garap. Maka antara keyword dengan konten yang akan kita buat harus matching juga. Keyword adala kata kunci yang dimasukkan pada mesin pencarian oleh para peselancar dunia maya. Maka kita harus bisa menebak dengan tepat kata kunci apa yang akan diketika oleh para pencari saat berhubungan dengan kopi.

4. Penataan Heading Blog
Heading atau headline dalam web atau blog dikenal dengan kode h1 – h6 dan seterusnya (rata-rata hanya sampai h6). Biasanya h1 adalah untuk penempatan title blog, h2 untuk judul artikel, h3 dan seterusnya bisa digunakan untuk sub judul dari sebuah artikel.

5. Konten Blog
Nah sekarang saatnya kita bermain-main pada konten blog. Konten blog yaitu artikel-artikel yang akan kita publish pada blog yang kita miliki. Koten atau artikel adalah nyawa dari sebuah blog. Tanpa ada artikel atau konten yang berkualitas maka seperti blog tanpa ruh atau tanpa nyawa. Sebagus apapun desain blog yang kita miliki kalau tidak ada artikel di dalamnya maka tidak akan bisa mengundang orang untuk datang ke blog yang kita miliki. Semakin kaya blog kita akan artikel bermanfaat semakin banyak orang yang datang berkunjung ke blog kita.

Nah itu adalah beberapa hal yang perlu kita perhatikan dalam membangun sebuah blog dengan tujuan yang jelas. Yaitu kita bisa menjual sesuatu dari blog yang kita bangun, bukan hanya sekedar ajang mencari teman atau silaturahmi semata.

Semoga ulasan tentang membuat blog tersebut bisa bermanfaat. Untuk para master yang sudah berpengalaman, mohon menyempurnakan tulisan saya ini. Terima kasih.