Cara Mereset Pasword BIOS Pada Laptop

Cara Mereset Pasword BIOS Pada Laptop ini mungkin akan sangat bermanfaat bagi anda yang kini sedang menghadapi masalah pada laptop anda. Atau mungkin anda pernah mengalami laptop anda tidak bisa booting dan ketika anda ingin mensetting ulang BIOS ternyata harus memasukana pasword.

Mereset BIOS laptop lebih rumit dibandingkan dengan mereset BIOS pada PC. Ada beberpa penyebab yang mengakibatkan reset BIOS pasword pada laptop lebih sulit. Selain dari desain laptop yang rumit juga karena adanya faktor internal pada pengguna laptop, yaitu merasa takut untuk melakukan bongkar-bongkar pada  laptop miliknya.

Untuk mengatasi rasa takut anda dalam melakukan setting BIOS pada laptop, maka berikut saya paparkan 3 metode reset pasword BIOS pada laptop yang bisa anda lakukan.

1. Reset Password BIOS melalui Backdoor
Pasword backdoor yaitu pasword default buatan pabrik. Tujuan dari pasword backdoor adalah untuk melakukan pengujian dan maintenance pada motherboard, dan setiap pabrikan selalu memperbaharui password backdoor yang digunakan. Berikut adalah beberapa pasword backdoor yang bisa anda gunakan untuk mengakses BIOS milik anda. Catatan : ada kemungkinan pasword ini sudah tidak lagi berfungsi, karena pabrikan sudah mengganti pasword milik mereka.
  1. AMI Backdoor BIOS Passwords. AMI menggunakan salah satu backdoor BIOS passwords ini: AAAMMMIII, AMI?SW , AMI_SW, BIOS, CONDO, HEWITT RAND, LKWPETER, MI, dan PASSWORD.
  2. Award Backdoor BIOS Passwords. Award backdoor BIOS password menggunakan 8 spasi dan menggunakan salah satu password ini: 01322222, 589589, 589721, 595595, 598598 , ALFAROME, ALLY, ALLy, aLLY, aLLy, aPAf, award, AWARD PW, AWARD SW, AWARD?SW, AWARD_PW, AWARD_SW, AWKWARD, awkward, BIOSTAR, CONCAT, CONDO, Condo, condo, d8on, djonet, HLT, J256, J262, j262, j322, j332, J64, KDD, LKWPETER, Lkwpeter, PINT, pint, SER, SKY_FOX, SYXZ, syxz, TTPTHA, ZAAAADA, ZAAADA, ZBAAACA, and ZJAAADC.
  3. Phoenix Backdoor BIOS Passwords. Phoenix BIOS backdoor passwords biasanya menggunakan password: BIOS, CMOS, phoenix, and PHOENIX.
  4. Backdoor BIOS Passwords dari merek Laptop yang lain. BIOS backdoor passwords untuk beberapa merek laptop terkenal adalah:
Manufacturer
BIOS Password
VOBIS & IBM merlin
Dell Dell
Biostar Biostar
Compaq Compaq
Enox xo11nE
Epox central
Freetech Posterie
IWill iwill
Jetway spooml
Packard Bell bell9
QDI QDI
Siemens SKY_FOX
SOYO SY_MB
TMC BIGO
Toshiba
Toshiba
Ingat bahwa password yang tercantum diatas mungkin saja tidak bekerja karena kondisi tertentu atau sudah diupdate oleh pabrikan bersangkutan.

2. Cara Reset Pasword Dengan Hardware
Reset pasword BIOS degan metode seperti ini membutuhkan keberanian untuk membongkar laptop. Ingat pada dasarnya settingan BIOS tersimpan pada memori yang ada pada baterai kecil yang disebut baterai CMOS. Baterai ini akan terus menyimpan data apabila masih teraliri listrik secara kontinyu. Apabila sudah tidak teraliri lisrik maka data akan kembali pada data dasar (default) atau Clear CMOS.

Nah tentu anda sudah tahu apa yang harus anda lakukan bukan. Betul sekali. Silakan anda cabut baterai CMOS kemudian pasang kembali. Maka settingan BIOS akan kembali pada settingan awal. Namun ada kalanya baterai CMOS disolder melekat pada motherboard. Nah, untuk cara ini kita bisa melakukan Clear CMOS dengan melakukan hubungan singkat pada jumper Clear CMOS. Seperti apa jumper tersebut? Silakan  lihat gambar di bawah ini.

Pada gambar di atas, apabila jumper dipasang pada posisi angkat 1, maka itu ada pada keadaan normal. Nah, silakan anda geser pada posisi CLRTC, maka BIOS anda akan kembali pada kondisi default.

3. Reset Pasword BIOS Dengan Software
Cara yang ketiga ini merupakan cara yang termudah dan pastinya banyak dimintai oleh para teknisi pemula. Berikut saya punya rekomendasi software yang bisa anda gunakan untuk mereset pasword. 
  1. !BIOS . !BIOS adalah sebuah software yang dapat dijalankan pada jendela DOS untuk menghapus password BIOS. Ini biasanya digunakan pada BIOS:  IBM, American Megatrends Inc., Award, dan Phoenix. Sayangnya pengguna laptop banyak yang takut dengan layar hitam. Silahkan download software ini, gratis adanya.
  2. KeyDisk sering digunakan untuk reset password laptop Toshiba. Silahkan kunjungi alamatnya dan baca tutorialnya.
  3. CmosPwd dapat merecover beberapa password BIOS seperti:
  • ACER/IBM BIOS
  • AMI BIOS
  • AMI WinBIOS 2.5
  • Award 4.5x/4.6x/6.0
  • Compaq (1992)
  • Compaq (New version)
  • IBM (PS/2, Activa, Thinkpad)
  • Packard Bell
  • Phoenix 1.00.09.AC0 (1994), a486 1.03, 1.04, 1.10 A03, 4.05 rev 1.02.943, 4.06 rev 1.13.1107
  • Phoenix 4 release 6 (User)
  • Gateway Solo – Phoenix 4.0 release 6
  • Toshiba
  • Zenith AMI

Ebook Teknisi Komputer Best Seller

belajar komputer

Cara Mereset Pasword BIOS Pada Laptop

Terkait Cara Mereset Pasword BIOS Pada Laptop



7 Komentar:

Salam, kami, sebuah lembaga riset ingin menawarkan blog content berupa artikel yang berkaitan dengan elektronika/otomotif/komponen, tanpa biaya. Silahkan hubungi saya melalui email (Natalie.smith@mavens.co.uk). Terimakasih

@mavens
Terima kasih infonya gan, mungkin akan sangat membantu teman-teman yang akan membangun blog dengan konten elektronik/komponen dan otomotif.

masih mudeng nih kawan! bingung kalo ngurusin laptop!

Mas Bro....Saya ingin mereset password bios, sudah dicoba dengan melepas batre cmos. Tapi hasilnya nihil. Gimana caranya lewat jumper biosnya ya? Laptop saya dell n4030.
Thanks

Ane sudah coba nih sob, dan berhasil pake cara software !BIOS. Terimakasih

Kalau reset bios thema nya jg terseret kan?

Mohon Jawabanya!

Poskan Komentar

Lebih indah tanpa pornografi dan lebih bijak tanpa SPAM.