Mengetahui Penyebab LCD Laptop Rusak dan Cara Mencegahnya

Mengetahui Penyebab LCD Laptop Rusak sangat diperlukan. Hal ini karena LCD laptop merupakan komponen penting dari sebuah laptop. Selain itu, komponen ini merupakan komponen dengan haraga yang lumaya mahal. Jadi, sebelum terjadi kerusakan pada LCD laptop ada baiknya kita mengetahui penyebab LCD laptop rusan dan cara mencegahnya.

LCD Laptop rusak bisa disebabkan oleh dua hal. Pertama kerusakan bawaan pabrik, kedua kerusakan yang diakibatkan oleh penggunaan yang tidak bijak atau human error.  Permasalahan yang sering dihadapi oleh pengguna laptop antara lain adalah LCD dengan tampilan bergaris, tampilan bergetar , warna kurang tajam, dan missing color. Permasalahan ini banyak dialami oleh LCD yang masih menggunakan inverter atau neon sebagai backlightnya. dan sebagian besar kerusakan LCD susah ditangani kecuali dengan penggantian.

Faktor kerusakan LCD laptop bawaan pabrik biasanya disebakan oleh VGA module nya kurang baik secara kualitasnya. VGA module tersusun oleh VGA chipset, kabel flexibel, konektor flexibel ke LCD, konektor flexibel ke mainboard, dan inverter. 
 
Sedanakan kerusakan yang diakibatkan oleh kesalahan pengguna antara lain  karena penggunaan dan cara merawat LCD laptop yang kurang benar. Laptop tidak sama dengan PC desktop yang lebih kuat dan tahan apabila kita nyalakan seharian. Semakin lama laptop dinyalakan akan menyebabkan panas yang berlebihan di dalam laptop itu sendiri walaupun sudah ada fasilitas pendinginan di dalam laptop. Hal ini disebabkan oleh ruang kosong yang lebih sempit jika dibandingkan dengan PC desktop biasa. Panas pada laptop inilah yang menyebabkan kerusakan pada laptop, yang salah satunya adalah LCD laptop yang rusak.

Bagaimana cara mencegah LCD Laptop rusak?
 
  • Bersihkan LCD laptop secara berkala dengan menggunakan cairan khusus pembersih LCD laptop.

  • Jangan menggunakan laptop lebih dari 3 jam berturut-turut, matikan sekitar 10 menit, kemudian anda bisa menghidupkan kembali laptop anda.
  • Untuk penggunaan dalam waktu lama gunakan coolingpad yang berkualitas yaitu coolingpad yang menggunakan adaptor sendiri, bukan yang mengambil dari USB laptop.
  • Gunakan contras dan brightness sedang pada pengaturan LCD laptop.
  • Atur LCD time off ketika laptop tidak digunakan di menu power option windows.
  • Membuka dan menutup LCD laptop dengan benar yaitu  dengan memegangnya dari kedua sisi kanan kirinya, bukan dari atasnya, karena di bagian atas ada blok yg rentan rusak.
Demikian cara mencegah keruskan yang terjadi pada LCD laptop. Intinya kita harus mengetahui hal-hal yang menyebabkan LCD laptop rusak, kemudian mengatisipasinya sedini mungkin agar kerusakan pada LCD laptop tidak terjadi.