Cara Mematikan Komputer Klien Dari Komputer Server

Cara Mematikan Komputer Klien Dari Komputer Server atau mungkin bisa disebut juga cara mematikan komputer orang lain dari jarak jauh, atau juga bisa cara hack mematikan komputer orang lain. Tapi kayaknya kalau saya menggunakan kedua bahasa tersebut terkesan sangar banget. Seolah-olah materi yang saya bahas adalah materi tingkat tinggi tentang dunia hacking. Padahal sebenarnya tidak sama sekali, bahkan tips komputer jaringan ini adalah tips yang sangat sederhana yang biasa digunakan oleh para administrator jaringan.

Saat ini mungkin anda adalah orang yang sehari-harinya berhubungan dengan jaringan lokal komputer atau disebut LAN. Entah itu anda sebagai pengelola lab komputer sekolah, administrator warnet dan lain sebagainya yang memerankan anda sebagai administrator sebuah jaringan LAN. Nah, tips mematikan komputer klien dari komputer jaringan ini akan sangat berguna bagi anda ketika ingin mematikan salah satu komputer klien tanpa beranjak dari tempa duduk anda. 

Untuk mematikan komputer klien dari komputer server langkah yang dilakukan sangat sederhana dan tidak memerlukan bantuan software apapun. Cukup kita gunakan DOS (Command Prompt) aplikasi jadul bawaan windows.

Cara Mematikan Komputer Klien
1. Silakan anda buka jalankan DOS dengan cara ketik CMD pada RUN (win xp) atau bisa juga pada search (win 7)
2. Ketik shutdown -i kemudian tekan enter
3. Akan muncul jendel seperti nampak pada gambar di bawah ini.
4. Klik Add untuk memilih komputer klien yang ingin anda matikan, atau juga bisa mencarinya lewat browse
5. Pilih opsi pada Waht do you want these computers to do (Restart, Shutdown, Annotate Unnexpected Shutdown)
6. Klik OK

Nah itu adalah cara mematikan komputer kline dari komputer server. Adapun trik-trik lainnya yang bisa anda lakukan dari kotak dialog di atas, silakan eksplorasi sendiri.