Memperbaiki Windows 7 Tidak Bisa Loading

Memperbaiki Windows 7 Tidak Bisa Loading - Oke, pembahasan kali ini Sabtu, 10 November 2012 adalah tentang cara memperbaiki windows 7 yang tidak bisa loading. Mumpung lagi semangat, mood lagi baik maka alangkah baiknya kalau saya segera menulis artikel ini. Apa gerangan yang membuat mood saya menjadi lebih baik dan semangat ngeblog kembali membara. Hahaha.... karena hari ini blog kesayanan ini kembali mendapat suntikan dana dari dua sumber sekaligus. Pertama dari kliksaya.com dan yang kedua dari Qbonk Media Group.

Huft.... kita kembali ngomongin masalah windows 7 yang tidak bisa loading aja deh. Jangan ngomongin hal yang berbau duit, karena bisa sangat sensitif. Hehehe....

Sering kali komputer kita menghadapi masalah tidak bisa laoding. Yaitu komputer hanya berjalan separuh jalan kemudian mandeg alias macet tidak bisa masuk ke windows. Biasanya hanya berhenti di screen welcome atau bahkan menjadi blue screen. Masalah umum yang menyebabkan komputer tidak bisa loading adalah karena rusaknya boot loader yang dimiliki windows. Nah, mari kita bahas bagaimana cara menangani boot loader windows 7 yang rusak.

Untuk memperbaiki boot loader yang rusak kita membutuhkan CD Instalasi Windows 7. Nah, silakan setting komputer anda untuk booting melalui CD. Agar komputer booting melalui CD harus disetting melalui BIOS, yaitu cari pilihan atau menu Boot Sequence pilih CD/DVD pada urutan pertama. Untuk lebih detail tentang panduan BIOS silakan buka artikel saya Panduan BIOS Terlengkap.

Oke, saya anggap anda sudah bisa melakukan booting melalui CD/DVD dengan menggunakan CD Instalasi Windows 7 sehingga muncul seperti pada gambar di bawah ini.
Silakan klik Repair yout computer. Pada jendela System Recovery Options silakan pilih system windows 7 dan klik Next. Selanjutnya akan muncul jendela seperti nampak pada gambar di bawah ini.
Klik Command Prompt.

Memperbaiki Master Boot Record

Jika anda ingin meelakukan restore master boot record, silahkan ketik perintah di bawah ini;
bootrec /fixmbr
Anda dapat juga membuat boot sector baru pada system partition dengan command silahkan ketik:
bootrec /fixboot
Hasilnya silahkan perhatikan gambar di bawah ini;

Memperbaiki Boot Loader Dengan Automated Startup Repair

Cara memperbaiki boot loader di atas adalah dengan cara manual, yaitu kita memperbaiki melalui perinta DOS, namun sayang tidak semua faham akan DOS dan perintah-perintahnya, dan terkadang karena salah ketik perintah akan membuah kerusakan yang lebih parah. Untuk menghindari hal tersebut, anda bisa menggunakan cara memperbaiki loder secara otomatis. Untuk melakukannya pada langkah klik command prompt di atas anda pilih opsi atau klik Startup Repair.

Dengan mengklik Startup Repair seperti gambar di atas maka secara otomatis komputer akan bekerja sendiri memperbaiki kerusakannya.
Untuk memperbaiki boot loader dengan cara otomatis seperti ini kita harus ekstra sabar, karena windows akan membutuhkan cukup waktu agar boot loader bisa kembali normal seperti sedia kala. Tinggal anda tunggu aja proses seperti pada gambar di atas selesai, selanjutnya silakan klik Next dan ikuti saja langkah selanjutnya sampai finish.

Nah demikian cara memperbaiki windows 7 bisa loading yang diakibatkan kerusakan boot loeader. Semoga bermanfaat, dan teruslah palajri selauk beluk dunia teknisi komputer dengan penuh kecintaan. hehehe...

Ebook Teknisi Komputer Best Seller

belajar komputer

Memperbaiki Windows 7 Tidak Bisa Loading

Terkait Memperbaiki Windows 7 Tidak Bisa Loading



12 Komentar:

wah...keren yg ini. soalnya saya pernah mengalami masalah loading windows XP. jadi letaknya pada boot loader ya sob!
oke..gue paham!. btw, yang dulu waktu ada masalah seperti ini langsung aza install ulang windowsnya.
thank buat pencerahannya

wah info yang keren ni gan,,, thx ya sangat membantu sekali soalnya windows saya juga pernah bermasalah seperti itu jadi saya harus tau apa yang saya harus lakukakn,, salam kenal gan sukses selalu :)

makasih tips dan infonya gan,. bermanfaat nih. jadi tau solusi jika ada masalah seperti ini.

Gan laptop gue pas loading welcome tu lama banget,. Tu yg rusak apa nya ya gan.. ?

@Bagas Rifaldhy
mungkin terlalu banyak aplikasi yang jalan saat windows loading, coba masuk ke system configuration, masuk menu startup, disable apliaksi-aplikasi yang run yang tidak perlu

gan tolong bantuannya, kemarin ane abis instal leptop, setelah instal ane aktifasi pake win loader, eh abis aktifasi ke restart trus ga mau masuk windows lg, malah nongol layar biru, ane restart ampe 10 kali jg tetep gitu.. tolong pencerahan gan.

terima kasih gan, atas artikelnya. saya ini baru belajar memperbaiki komputer untuk kepentingan sendiri agar komputer di warnet saya tidak dibawa terus ke tukang servis.

Poskan Komentar

Lebih indah tanpa pornografi dan lebih bijak tanpa SPAM.