Memperbaiki Laptop Overheating dan Tiba-Tiba Hang Bahkan Mati

Memperbaiki laptop overheating atau terlalu panas, atau laptop yang sering mendadak hang bahkan mati mendadak mungkin masih sering dikerjakan oleh para tukang servis komputer. Berapa biaya yang anda keluarkan untuk hal tersebut. Padahal mungkin masalahnya sangat sepele. Ya, itulah konsekuensi bagi orang yang kurang berani mengambil resiko.

Memperbaiki laptop yang overheating ataupun memperbaiki laptop yang sering crash sebenarnya tidaklah terlalu sulit. Yang paling penting adalah tepat dalam mengambil tindakan. Untuk bisa tepat dalam mengambil tindakan tentu harus tepat dalam melakukan analisa penyebab kerusakan. Salah dalam melakukan analisa berakibat salah dalam melakukan operasi perbaikan alias malparaktek. Hehehe.......

Analisa terbaik yang bisa dilakukan adalah mengamati kapan masalah terjadi pada laptop dan dalam keadaan apa, seta indikasi apa yang ditampilkan oleh laptop. Contoh, umpanya kerusakan terjadi saat anda bermain game, editing video dan indikasi yang ditampilkan umpanya adalah laptop hang, terjadi black screen atau blue screen bahkan mendadak mati, selain itu rasakan apakah ada peningkatan suhu pada laptop anda.

Untuk memudahkan anda dalam melakukan tindakan pebaikan berikut saya share beberapak tips sederhana memperbaiki laptop rusak.

  • Analisa komponen apa saja yang menyebabkan laptop anda mengalami crash. Penyebab laptop crash bisa karena overheating, hard disk yang rusak, komponen internal (seperti motherboard dan RAM) yang rusak. Setiap masalah bisa diperbaiki dengan tingkat keberhasilan yang bervariasi tergantung dari waktu, tenaga dan uang yang di keluarkan.
  • Nyalakan komputer dan amati apa yang terjadi. Jika harddisk tidak berputar atau terdengar suara yang aneh, kemungkinan besar hard disk pada laptop tersebut rusak. Perbaikan untuk hard drive yang rusak adalah dengan menjalankan program disk diagnostik utility, seperti punya hirens dan melihat apakah hard disk bisa diperbaiki. Jika tidak, hard disk anda harus diganti.
  • Jika ketika dinyalakan muncul “blue screen of death” atau “error message” lainnya biasanya merupakan indikasi bahwa Operating Sistemnya rusak atau terjadi masalah pada RAM. Hal ini biasanya dapat diatasi dengan menginstal ulang Operating Sistemnya atau membersihkan memri RAM dari kotoran, silakan anda baca artikel saya tentang memperbaiki memori menggunakan penghapus. Pada saat melakukan instal ulang perlu hati-hati untuk tidak menghapus data yang berharga dan back up data tersebut sebelum anda mencoba untuk menginstal operating sistem yang baru pada laptop anda. Saran dari saya adalah jangan menyimpan data pada drive "C" dimana system berada. Karean drive ini yang paling sering kena masalah dan terkadang harus melakukan format ulang.
  • Jika laptop dinyalakan dan yang muncul hanya BIOS biasanya merupakan tanda bahwa motherboard rusak. Pada laptop, ini bisa menjadi masalah yang sulit dan mahal, kadang tidak layak untuk menggantikannya. Mencari motherboard yang kompatibel adalah mungkin dengan menempatkan laptop serupa dengan masalah yang berbeda (mungkin layar rusak) atau istilahnya mencari laptop yang bisa dikanibal dan melakukan transplantasi motherboard. Kadang lebih baik menyimpan motherboard laptop anda dan membeli motherboard yang baru, karena biaya yang akan anda keluarkan tidak terlalu  berbeda jauh.
  • Jika laptop crash ketika anda membuka program secara bersama, maka bisa jadi karena terinfeksi virus, crash pada device manager, atau juga bisa masalah pada memori. Hal yang perlu anda lakukan adalah scanning dengan antivirus merupakah langkah awal perbaikan, kemudian cek device manager anda apakah ada driver yang crash, kalau dua langkah tersebut sudah dijalankan dan tetap bermasalah silakan anda lakukan pembersihan memori seperti pada tips di atas. Jika masih tidak berhasil, maka memformat ulang hard disk adalah jalan terakhir yang harus anda lakukan dan menginstal ulang system operasinya. 
  • Jika laptop crash karena overheating, maka anda harus mengecek kipas atau fan pendingin. Mungkin ada kotoran atau debu yang menghalangi kipas berputar. Jika perlu pasang eksternal fan untuk membantu mendinginkan dan mengatur suhu pada laptop anda.
Demikian tips sederhana memperbaiki laptop rusak yang diakibatka hang, crash dan overheating. Pennggalan artikel ini tidak akan bisa membantu anda terlalu banyak dalam menyelesaikan berbagai kasus kerusakan pada laptop. Untuk itu sudah saya sediakan ebook yang secara khusus membahas tentang bagaimana memperbaiki laptop dengan berbagai kasus dan dengan berbagai merek laptop. Anda memiliki ebook ini, maka insya Alloh anda akan menjasi seorang teknisi yang memiliki keterampilan di atas rata-rata. Silakan dapatkan ebooknya di Qbonk Media Group klik di sini.

Ebook Teknisi Komputer Best Seller

belajar komputer

Memperbaiki Laptop Overheating dan Tiba-Tiba Hang Bahkan Mati

Terkait Memperbaiki Laptop Overheating dan Tiba-Tiba Hang Bahkan Mati



6 Komentar:

mantap juga nie gan sangat menarik.........

makasih banget gan caranya

bagus banget nih drpada harus ke tukang service makasih ya

Bro mau nanya, kalau laptop tiba2 nggak mau dinyalain gmana ya? Dia sebentar doang mau dinyalain paling sampe keluar tulisan acer, trus mati lagi bro. Gmana bro ngatasinya? O ya waktu aku pencet power suara kipas kenceng banget. Trus tiba2 mati gitu aja.

Poskan Komentar

Lebih indah tanpa pornografi dan lebih bijak tanpa SPAM.