Yuk Kita Mengenal Key Logger



Mari kita mengenal key logger. Udah lama nih saya tidak share pengetahuan umum tentang komputer. Selama ini selalu postig tips komputer, tutorial komputer, download software komputer gratis dan lain sebagainya yang lebih cenderung ke hal-hal praktik. Padahal belajar teori juga penting sebagai bekal pengetahuan. 

Sekarang kita akan bahas tentang keylogger. Apa itu key logger, cara kerja key logger, bagaimana asal mula keylogger, dan bagaimana menghadapi keylogger. Oke kita bahas satu persatu. Kita mulai dari apa itu keylogger.

Definsi Key Logger adalah  program tersembunyi yang difungsikan untuk memonitor setiap aktifitas penggunaan tombol keyboard. Dewasa ini key logger identik dengan pencurian data-data rahasia pada komputer korban. Sebuah metode hacking yang banyak digunakan oleh para hacker untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan.

Cara Kerja Key Logger
Bagaimana keylogger ini berjalan pada komputer kita. Biasanya keylogger ditanamkan oleh para hacker ke komputer korban dengan menggunakan perantara virus dan trojan. Virus dan trojan yang mereka kirim itulah yang akan menginstal key logger pada komputer korban. Sehingga setelah key logger terinstal pada komputer korban, maka para hacker akan dengan mudah mengendalikan komputer korban termasuk mencuri data-data rahasia dari komputer korbannya.

Keylogger berjalan secara background (tersembunyi) tanpa diketahui pemilik komputer. Sesaat setelah keylogger diinstalkan di komputer, program akan berjalan setiap komputer restart dan sulit untuk terdeteksi. Anti virus kadang kala juga tidak mampu mendeteksi karena keylogger memang bukan didesain berbentuk virus.

Apabila keylogger telah berjalan, software ini akan memonitor setiap aktifitas tombol keyboard yang ditekan, kemudian menyimpannya dalam bentuk log (laporan) yang hanya dapat dilihat oleh orang yang menginstalkan keylogger. Keylogger akan menampilkan program atau alamat situr yang dibuka kemudian tombol apa yang diketikkan.

Asal Mula KeyLogger
Sebenarnya key logger ini pada mulanya dibuat untuk kepentingan positif yaitu untuk melakukan pengamanan pemantauan terhadap komputer klien dalam sebuah jaringan. Namun selanjutnya kemampuan keylogger banyak digunakan untuk menyadap komputer orang lain dan mencuri informasi-informasi penting seperti username dan password e-mail, login account, kartu kredit, dll.

Bagaimana Menghadapi Key Logger
Sudah tahu kan sekarang apa itu keylogger, bagaimana fungsinya dan apa akibatnya kalau komputer kita terinstal key logger di dalamnya. Maka untuk mengambil langkah aman dari pencurian data yang dilakukan oleh keylogger kita harus melakukan antisipasi secara dini. Bagaimana antisipasinya.

Yang paling penting adalah tindakan pencegahan. Kita harus melakukan pencegahan agar komputer kita tidak menjadi sasaran empuk para hacker jahat denga key loggernya. 
1. Pertama kita harus hati-hati dengan semua program yang kita sendiri tidak tahu persis kegunaanya, jangan sembarangan menginstal program.
2. Kedua selalu cegah dengan anti virus terbaik dan selalu update anti virus tersebut.
3. Instal ant key logger pada komputer anda
4. Gunakan virtual keyboard saat akan melakukan input data rahasia pada komputer anda.